Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Manfaatkan 5G, Dokter di China Operasi Pasien Jarak Jauh

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Selasa 02 Juli 2019 13:33 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 07 02 54 2073593 manfaatkan-5g-dokter-di-china-operasi-pasien-jarak-jauh-HwJrVKeOcD.jpg (Foto: Sky News)

JAKARTA - Teknologi 5G memungkinkan hal-hal yang sebelumnya tidak dapat dilakukan oleh manusia. Dengan kecepatan internet yang tinggi, informasi bisa dengan cepat diterima dan memungkinkan pesan sampai secara realtime dari individu satu ke individu lainnya.

Jaringan generasi baru 5G juga merevolusi bidang-bidang tertentu, seperti keamanan, perikanan atau pertanian, pengawasan hingga industri serta kedokteran.

Akun Twitter China Xinhua Sci-Tech baru-baru ini mengungkap pencapaian terbesar di bidang kesehatan, yakni operasi atau bedah jarak jauh yang dilakukan dokter di China.

Dokter di China melakukan bedah ortopedi jarak jauh yang didukung teknologi 5G secara realtime. Pasien berada 1.000 kilometer dari sang dokter.

Kabarnya, operasi ini berjalan dengan sukses berkat kecepatan tinggi, latency rendah dari 5G. China Telecom dan raksasa teknologi Huawei menyediakan dukungan teknis terkait operasi tersebut.

Sekira 80 persen sumber medis di China terkonsentrasi di kota besar. Istilah 'telemedicine' semakin populer dengan teknologi nirkabel berkecepatan tinggi diharapkan bisa menangani masalah di Negeri Tirai Bambu tersebut.

 Teknologi 5G memungkinkan hal-hal yang sebelumnya tidak dapat dilakukan oleh manusia.

Baca juga: 5 Manfaat Teknologi 5G, Mulai dari Bidang Kesehatan hingga Penyiaran

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini