Atasi Polusi Jakarta, BPPT Terapkan Teknologi Modifikasi Cuaca

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Selasa 02 Juli 2019 14:02 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 07 02 56 2073611 atasi-polusi-jakarta-bppt-terapkan-teknologi-modifikasi-cuaca-bI7zwJ6lkD.jpg (Foto: Scenicreflections)

JAKARTA - Untuk mengatasi polusi di Jakarta, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) memiliki cara dengan memanfaatkan Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC).

Melalui akun Instagram Kepala BPPT, 'hammam.riza', BPPT turut dilibatkan dalam menciptakan kondisi udara bersih di wilayah DKI Jakarta.

"Melalui Balai Besar Teknologi Modifikasi Cuaca (BBTMC) BPPT, kami berkoordinasi dengan @infobmkg @dkijakarta @militer.udara @bnpb_indonesia agar kualitas udara DKI Jakarta kembali membaik, dengan melakukan Operasi Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC), guna menurunkan hujan buatan," tulis akun Instagram Hammam Riza.

Lebih lanjut dijelaskan bahwa tiga skenario hujan buatan yang akan dibuat @bbtmc_bppt yaitu, penyemaian awan, penghilangan lapisan inversi dan penyemprotan air baik dengan pesawat maupun dari darat.

View this post on Instagram

BPPT turut dilibatkan dalam menciptakan kondisi udara bersih di wilayah DKI Jakarta. Melalui Balai Besar Teknologi Modifikasi Cuaca (BBTMC) BPPT, kami  berkoordinasi dengan @infobmkg @dkijakarta @militer.udara @bnpb_indonesia agar kualitas udara DKI Jakarta kembali membaik, dengan melakukan Operasi Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC), guna menurunkan hujan buatan. Adapun tiga skenario hujan buatan yang akan dibuat @bbtmc_bppt yaitu: penyemaian awan, penghilangan lapisan inversi dan penyemprotan air baik dengan pesawat maupun dari darat. Semoga cara ini akan efektif mengatasi polusi di Jakarta. Salam Teknologi!! ⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀ ⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀ Oh iya, foto saya dengan Kepala BNPB diambil saat Operasi TMC di wilayah Sumsel, Maret lalu. #BPPTSolidSmartSpeed #UdaraBersih #ModifikasiCuaca

A post shared by Dr. Ir. Hammam Riza, M.Sc. (@hammam.riza) on

Teknologi Modifikasi Cuaca juga bisa membantu dalam penanganan masalah banjir. Tri Handoko Seto, Peneliti dan Praktisi TMC di BPPT yang pernah dihubungi Okezone menyampaikan TMC selama ini sudah banyak berfungsi dalam meningkatkan curah hujan.

Umumnya, teknik ini digunakan untuk menurunkan hujan di daerah yang tengah dilanda kekeringan.

Namun dalam pelaksanaanya fungsi ini berubah, yang mana TMC dapat dimanfaatkan untuk mengantisipasi terjadinya banjir akibat dari tingginya curah hujan.

Adapun, cara kerja TMC ialah dengan melakukan penyemaian awan (cloud seeding) menggunakan bahan-bahan yang bersifat higroskopik (menyerap air). Sehingga proses pertumbuhan butir-butir hujan dalam awan akan meningkat dan selanjutnya akan mempercepat terjadinya hujan.

 Untuk mengatasi polusi di Jakarta, BPPT memiliki cara dengan memanfaatkan Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC).

Baca juga: Ini Alasan Gerhana Matahari Total Tak Terlihat di Indonesia

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini