Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Hal Tentang Gerhana Matahari Total yang Perlu Anda Ketahui

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Selasa 02 Juli 2019 16:42 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 07 02 56 2073704 5-hal-tentang-gerhana-matahari-total-yang-perlu-anda-ketahui-ec93q8ury7.jpg (Foto: Sky & Telescope)

JAKARTA - Gerhana Matahari Total tampaknya menjadi bahan pembicaraan warganet. Fenomena alam ini jarang terjadi, sehingga sebagian orang menantikannya atau merasa sayang apabila melewatkannya.

Fenomena yang terjadi mulai 2 Juli ini ternyata tidak bisa disaksikan di Indonesia. Beberapa negara di kawasan Amerika Selatan dan Pasifik memungkinkan untuk menyaksikan gerhana matahari tersebut.

Berikut ini lima yang perlu Anda ketahui tentang gerhana matahari total Juli 2019, seperti dikutip dari Indianexpress, Selasa (2/7/2019).

Wilayah Menyaksikan Gerhana Matahari

Menurut Space.com, sebagian besar gerhana matahari akan terjadi di Samudra Pasifik Selatan. Gerhana parsial akan dimulai pada 12:55 pm EDT atau 10:25 pm IST (Indian Standard Time).

Gerhana matahari tidak akan terlihat di India, tetapi ada sejumlah opsi stream yang tersedia untuk menontonnya secara online.

 Gerhana Matahari Total tampaknya menjadi bahan pembicaraan warganet.

Baca juga: Ini Alasan Gerhana Matahari Total Tak Terlihat di Indonesia

Bagaimana Terjadinya Gerhana Matahari Total

Gerhana matahari terjadi ketika Bulan berada di antara Matahari dan Bumi sehingga cakram Matahari yang terlihat terhalang oleh Bulan yang melemparkan bayangan di permukaan Bumi. Dalam kasus gerhana matahari total, Bulan benar-benar menghalangi cahaya Matahari.

Gerhana Matahari Total tampaknya menjadi bahan pembicaraan warganet.

Gerhana Matahari Terlihat di Beberapa Negara

Titik awal gerhana akan berasal dari 4.000 kilometer timur-timur laut dari Wellington, Selandia Baru. Dari sana, gerhana akan menuju Chili tengah, lapor Space.com.

Kemudian, bayangan akan menuju ke arah timur-tenggara melalui Argentina tengah dan akhirnya akan berakhir tepat sebelum mencapai Uruguay. Jadi, gerhana matahari total akan terlihat hanya dari bagian Chili dan Argentina saja.

Sedangkan gerhana matahari parsial akan terlihat di negara-negara seperti Ekuador, Brasil, Uruguay, dan Paraguay.

 Gerhana Matahari Total tampaknya menjadi bahan pembicaraan warganet.

Cara Menyaksikan Gerhaan Matahari Secara Online

Warga yang tinggal di negara yang tidak bisa menyaksikan gerhana matahari total, mereka dapat menyaksikan fenomena ini melalui streaming online. Mereka yang ingin melihat dapat masuk ke situs web museum Exploratorium.

Museum yang berbasis di San Francisco akan menyiarkan gerhana matahari 2019 langsung dari Cerro Tololo Observatory dari National Science Foundation di Chili. Siaran langsung akan dimulai pukul 12:23 siang PST (12:53 waktu India).

Museum ini juga memiliki aplikasi khusus untuk gerhana matahari total di iOS dan Android.
Gerhana Matahari Total tampaknya menjadi bahan pembicaraan warganet.

Jangan Gunakan Kacamata Hitam Biasa

Jika Anda berada di bagian dunia tempat Anda dapat menyaksikan langsung gerhana matahari total atau gerhana matahari sebagian, ingatlah untuk tidak melihatnya dengan mata telanjang.

Gunakan hanya kacamata gerhana matahari untuk melihat fenomena ini dan bukan kacamata hitam biasa atau filter polaroid.

 Gunakan hanya kacamata gerhana matahari untuk melihat fenomena Gerhana Matahari dan bukan kacamata hitam biasa atau filter polaroid.

1
6

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini