Mengenang Sony Walkman, Pemutar Musik yang Lahir Sejak 1979

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Selasa 02 Juli 2019 17:32 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 07 02 57 2073731 mengenang-sony-walkman-pemutar-musik-yang-lahir-sejak-1979-bdsQ1daeQq.jpg (Foto: Surface mag)

JAKARTA - Pada 1 Juli 1979 Sony pertama kali memulai penjualan TPS-L2, dikenal sebagai Soundabout yang kemudian lebih populer dengan nama Walkman. Walkman awalnya bukan pemutar kaset portabel pertama, tetapi ini adalah yang pertama yang tidak memiliki fungsi rekaman.

Perekam kaset portabel sebagian besar telah digunakan oleh wartawan. Nah, Sony Walkman ini, dengan headphone ringan, secara khusus ditujukan untuk musik dan berhasil mengubah dunia.

Dilansir Stereogum, Selasa (2/7/2019), Walkman edisi pertama memiliki berat sekitar satu pound, dan harganya sekitar USD200, menurut The New York Times. Ini menampilkan dua jack headphone dan tombol di mana dua orang yang mendengarkan headphone dapat berbicara satu sama lain, atau bernyanyi bersama satu sama lain, melalui mikrofon.

Perangkat ini menjadi populer karena sebelum hadirnya Walkman, tidak ada cara untuk mendengarkan musik secara pribadi saat berada di depan umum. Ketika itu, ada perangkat seperti radio transistor, boom boxes pada stereo mobil, tetapi mereka memaksa Anda untuk membuat semua orang di sekitar Anda menikmati musik itu juga.

Sony Walkman membawa pengalaman yang menarik, yang menjadi bagian dari kehidupan manusia di era kejayaannya. Ini dianggap sebagai penemuan transformatif.

Tak lama kemudian, semakin banyak pemutar kaset portabel akan menyentuh pasar, dan harganya menjadi turun. Akan tetapi, tidak peduli perusahaan mana yang membuatnya, kata "Walkman" masih melekat erat di benak para penggemarnya.

 Pada 1 Juli 1979 Sony pertama kali memulai penjualan TPS-L2, dikenal sebagai Soundabout yang kemudian lebih populer dengan nama Walkman.

Baca juga: Sony Walkman Rayakan Usia Ke-40 Tahun

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini