Ini Pesan Hoax yang Beredar Setelah WhatsApp Down

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Kamis 04 Juli 2019 15:20 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 07 04 207 2074621 ini-pesan-hoax-yang-beredar-setelah-whatsapp-down-AYrn1iQwwf.jpg (Foto: Reuters UK)

JAKARTA - WhatsApp bersama dengan media sosial lainnya seperti Facebook dan Instagram dilaporkan mengalami down. Gangguan telah ditangani dan banyak orang dikabarkan mendapatkan informasi palsu atau pesan hoax tentang WhatsApp.

Dilansir Indianexpress, Kamis (4/7/2019), banyak pengguna mulai menerima pesan palsu yang menyebut bahwa WhatsApp telah di-banned atau pengguna bakal dimintai bayaran untuk menggunakan layanan ini di masa depan.

Untuk meyakinkan orang, bahkan pesan mengucapkan 'terima kasih' dan menuliskan kata 'Google'. Siapapun yang membaca pesan itu bila dia mengetahui bahwa WhatsApp dimiliki oleh Facebook, tentu bertanya-tanya kebenaran pesan itu.

 WhatsApp bersama dengan media sosial lainnya seperti Facebook dan Instagram dilaporkan mengalami down.

Pesan ini nyatanya ialah palsu dan WhatsApp tidak di-banned atau ditutup sebagaimana yang diklaim oleh pesan tesebut.

Pengguna harus mengabaikan pesan-pesan ini dan jika teman dan keluarga mereka meneruskannya, mungkin yang terbaik adalah memberi tahu mereka bahwa pesan-pesan ini palsu dan hanya menyebarkan informasi yang salah. Tampaknya, informasi palsu ini beredar di kalangan pengguna di India.

Sekadar informasi, gangguan layanan yang dialami oleh perusahaan media sosial, termasuk WhatsApp baru-baru ini dijelaskan oleh Facebook terkait adanya bug. Bug ini secara tidak sengaja dipicu selama operasi pemeliharaan rutin.

Namun, server kembali 100 persen di malam hari. Masalah ini berdampak pada pengguna di India serta di AS dan Eropa.

 WhatsApp bersama dengan media sosial lainnya seperti Facebook dan Instagram dilaporkan mengalami down.

Baca juga: Facebook, Instagram dan WhatsApp Down, Pengguna "Berkicau" di Twitter

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini