Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bekraf: Potensi Pasar Game di Indonesia Sangat Besar

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Jum'at 05 Juli 2019 17:47 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 07 05 326 2075147 bekraf-potensi-pasar-game-di-indonesia-sangat-besar-rO8nwfzywt.jpg (Foto: Pernita Hestin Untari/Okezone)

JAKARTA - Deputi Infrastruktur BEKRAF, Hari Santosa Sungkari mengatakan jika potensi pasar game di Indonesia sangat besar. Akan tetapi Indonesia masih butuh banyak waktu. Pasalnya hingga saat ini peranan developer lokal masih sekira 0,4 persen.

"Tugas Bekraf dan pemerintah menaikan peran serta developer dan perusahaan Indonesia di market Indonesianya dulu. Memang meskipun begitu, ada yang sukses di luar juga," kata dia usai ditemui dalam konferensi BGP 2019, di Jakarta, Jumat (5/7/2019).

Hari juga menegaskan jika saat ini hal yang paling penting adalah membangun ekosistemnya.

"Membangun ekosistem itu mulai dari talenta dan permodalan, infrastruktur, dan juga pendidikan," kata dia.

 Deputi Infrastruktur BEKRAF, Hari Santosa Sungkari mengatakan jika potensi pasar game di Indonesia sangat besar.

Lebih lanjut, ia pun yakin dengan event tahunan yang diadakan BEKRAF yakni BGP 2019 mampu terus menambah potensi game di Indonesia.

"Selama 4 tahun ini naik terus konsumen bertambah, developernya juga bertambah, kita ingin memberi tahu pada startup bahwa game ini adalah salah satu prospek, bukan hanya untuk entertainment saja, tapi juga dipakai perusahaan multinasional menggunakan game untuk employee development, mereka bisa merekam, game itu kan juga dibuat oleh psikolog, jadi peranan developer, artis game player, sama psikolog," jelas dia.

Dia juga mengimbau jika game memiliki banyak manfaat, meskipun dia juga tak menampik ada negatifnya juga.

"Apapun inovasi dan temuan baru selalu ada hal positif dan negatif. Esport itu ada atlet, caster, dan nanti ada developernya yang membuat karya-karya baru, ini yang membuat sangat menarik untuk milenial, saya ingin menciptakan perusahaan di bidang baru terutama game," jelas dia.

Untuk informasi, BGP 2019 menjadi ajang keempat yang akan dilaksanakan pada 13 Juli hingga 14 Juli 2019, di Balai Kartini, Jakarta.

BEKRAF Game Prime 2019 atau BGP 2019 kali ini mengusung tema “Game is the Future of Sport, Entertainment and Business". Nantinya akan ada beberapa pertandingan eSports, pameran, dan juga penghargaan bagi developer lokal.

 Deputi Infrastruktur BEKRAF, Hari Santosa Sungkari mengatakan jika potensi pasar game di Indonesia sangat besar.

Baca juga: BEKRAF Game Prime 2019 Hadirkan Developer Game hingga Turnamen Esports

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini