Teknologi OLED Terbaru Bikin Baterai Smartphone Lebih Tahan Lama

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Sabtu 06 Juli 2019 06:05 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 07 05 57 2075207 teknologi-oled-terbaru-bikin-baterai-smartphone-lebih-tahan-lama-mKDb4U6GHI.jpg (Foto: TechRadar)

JAKARTA - Produsen smartphone bisa untuk memilih antara menyediakan layar yang besar atau kapasitas baterai yang besar. Hal tersebut lantaran jika semakin besar layar maka ukuran baterai juga akan semakin besar.

Dilansir dari laman Tech Radar, Jumat (5/7/2019), beberapa vendor saat ini mampu menciptakan baterai dengan daya besar, layar besar, namun tetap tipis. Menurut Phys Org, hal tersebut dapat diciptakan dengan lebih baik lagi dengan teknologi OLED (Organic Light Emitting Diode) baru yang mampu meningkatkan kecerahan dan efisiensi energi.

Teknologi OLED baru sedang dikembangkan oleh tim di Departemen Fisika dan Kimia di Imperial College London. Mereka menggunakan proses pengembangan khusus yang menghasilkan OLED yang menghasilkan cahaya terpolarisasi.

Penjelasan lebih lanjut, tampilan sering menyertakan filter untuk membantu mengurangi silau dari sumber cahaya luar (seperti matahari). Ini membuatnya lebih mudah untuk melihat cahaya yang datang dari layar perangkat, tetapi mereka juga dapat membuat banyak cahaya layar tidak masuk.

  Produsen smartphone bisa untuk memilih antara menyediakan layar yang besar atau kapasitas baterai yang besar.

Cahaya apa pun yang tidak sampai ke mata pada dasarnya adalah energi yang terbuang. Dengan membuat OLED yang memancarkan cahaya terpolarisasi, tim di Imperial College London bisa mendapatkan cahaya dari OLED untuk melewati filter terpolarisasi sementara sumber cahaya eksternal masih akan disaring olehnya.

Untuk saat ini, ini tidak akan berarti banyak untuk ponsel yang ada, karena masih diteliti.

Ketika itu terjadi, itu akan menghasilkan tampilan yang lebih cerah dan meningkatkan efisiensi energi. Tampilan tidak perlu menggunakan jumlah energi yang sama untuk menghasilkan cahaya terang karena tidak ada yang akan disaring.

Teknologi baru hampir bisa menggandakan efisiensi tampilan. Ini diharapkan bisa menghasilkan baterai yang tahan lama untuk smartphone.

Baca juga: Advan dan Shopee Kerjasama Hadirkan Program Super Brand Day

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini