Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Nintendo: Masa Depan Industri Game di Teknologi Cloud dan Streaming

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Senin 08 Juli 2019 15:00 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 07 08 326 2076042 nintendo-masa-depan-industri-game-di-teknologi-cloud-dan-streaming-0ORjbtVucr.jpg Perangkat Gaming Milik Nintendo (Foto: PC Magz)

JAKARTA- Nintendo mengungkapkan jika pihaknya percaya bahwa masa depan industri video game ada pada teknologi cloud dan streaming. Namun, itu tidak berati bawa konsol game seperti Nintendo Switch akan tersisihkan dan menghilang.

Dilansir dari laman Digital Trends, Senin (8/7/2019) cloud gaming memang memungkinkan game dijalankan pada server jauh yang kuat dan kemudian dialirkan ke perangkat, alih-alih game diunduh ke konsol atau dimainkan dari media fisik. Ini berarti bahwa perangkat, apakah itu konsol, komputer, atau ponsel, tidak bergantung pada perangkat kerasnya sendiri untuk menjalankan permainan, tetapi lebih pada kekuatan koneksi internetnya.

Teknologi ini menjadi subjek pertanyaan bagi para eksekutif Nintendo dalam pertemuan tahunan para pemegang saham tahun ini, dan tampaknya perusahaan tersebut meyakini potensi gaming cloud.

Nintendo percaya bahwa cloud dan streaming merupakan masa depan game

Baca Juga: Nintendo Bakal Rilis Game Dr. Mario World di iOS dan Android

"Kami melihat masa depan di mana teknologi cloud dan streaming akan semakin berkembang sebagai sarana untuk memberikan game kepada konsumen," kata Presiden Nintendo, Shuntaro Furukawa.

Furukawa juga menambahkan bahwa cloud gaming akan menciptakan lebih banyak gamer. Sementara itu Direktur Nintendo, Shigeru Miyamoto, pria di belakang waralaba Super Mario mengatakan bahwa cloud gaming akan menjadi lebih luas.

“Akan terus ada permainan yang menyenangkan karena mereka berjalan secara lokal dan tidak di cloud. Ini mengisyaratkan bahwa Nintendo tidak memiliki rencana untuk menghapus konsol dari susunannya," kata Miyamoto.

Baca Juga: Nintendo Bakal Rilis Dua Konsol Switch Terbaru?

"Kami percaya penting untuk terus menggunakan lingkungan teknis yang beragam ini untuk membuat hiburan unik yang hanya bisa dibuat oleh Nintendo," imbuh dia.

Nintendo sudah mencoba-coba cloud gaming dengan Nintendo Switch. Tahun lalu, Resident Evil 7: Cloud Version tiba ke konsol hybrid di Jepang, memungkinkan gamer mengakses edisi streaming-saja dari gim tersebut.

Untuk saat ini, hal terdekat yang ditawarkan Nintendo Switch Online ke cloud gaming adalah daftar judul NES klasik, yang dapat diakses oleh semua pelanggan layanan.

 Nintendo percaya bahwa cloud dan streaming merupakan masa depan game

Baca Juga: Nintendo Bakal Rilis 'Pokemon Sleep' di 2020

Nintendo mengatakan pada pertemuan tahunan pemegang saham perusahaan bahwa Nintendo Switch Online telah mencapai 10 juta pelanggan berbayar dan masih harus dilihat apakah tonggaknya akan mengarah pada penambahan SNES, Nintendo 64, dan judul GameCube ke layanan.

Masih belum jelas pada tahap ini apakah Nintendo Switch Online pada akhirnya akan berkembang untuk memasukkan fitur-fitur cloud gaming. Akan tetapi bagi para penggemar kabar baiknya konsol Nintendo Switch tidak akan menghilang dalam waktu dekat.

Baca Juga: Juni, Nintendo Bakal Hadirkan Game Pokemon Sword dan Shield

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini