Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Google Ungkap Keunggulan Layanan Cloud Gaming Stadia

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Selasa 09 Juli 2019 15:12 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 07 09 326 2076596 google-ungkap-keunggulan-layanan-cloud-gaming-stadia-aOev3XtRJQ.jpg (Foto: Android Authority)

JAKARTA - Teknologi yang terus berkembang memungkinkan seseorang bermain game dengan dukungan cloud gaming. Google merupakan salah satu perusahaan yang menyediakan layanan cloud gaming via platform yang dinamakan Stadia.

Dilansir Engadget, Selasa (9/7/2019), Anda tidak akan kehilangan akses game Anda pada Google Stadia meskipun penerbit memutuskan untuk keluar dari platform. Informasi ini menjadi salah satu pesan yang Google ungkap dalam update 'service's FAQ'.

Google berjanji apabila Anda telah membeli game pada platform-nya, Anda akan memiliki hak untuk memainkannya. Itu berarti Anda masih dapat mengaksesnya bahkan jika saatnya tiba bahwa itu tidak lagi tersedia untuk dibeli oleh pemain lain.

"Di luar keadaan yang tidak terduga. Stadia akan bertujuan untuk menjaga judul yang dibeli sebelumnya tersedia untuk permainan," kata FAQ.

 Google merupakan salah satu perusahaan yang menyediakan layanan cloud gaming via platform yang dinamakan Stadia.

Selain itu, perusahaan telah mengkonfirmasi bahwa Stadia akan mendukung judul multi-pemain (multiplayer), termasuk koperasi couch-based. Faktanya, Anda bisa menggunakan hingga 4 controller Stadia untuk bermain game multiplayer lokal.

Berbicara tentang controller Stadia, FAQ mengatakan menggunakan BLE untuk pengaturan, tetapi terhubung melalui WiFi untuk gameplay. Namun, Anda juga dapat menghubungkan controller ke ponsel, tablet, atau PC melalui kabel USB yang dicolokkan ke port USB-C-nya.

Kabarnya, Stadia hanya akan mendukung gameplay mobile pada sejumlah perangkat terbatas saat peluncuran, yaitu ponsel Pixel 3 dan Pixel 3a (3a, 3a XL, 3, 3XL), serta tablet yang menjalankan Chrome OS. Untungnya, Google mengatakan sedang bekerja pada kompatibilitas untuk lebih banyak perangkat.

FAQ mengatakan, bagaimanapun, perusahaan belum memiliki berita untuk dibagikan mengenai dukungan VR pada platform dan Anda dapat membeli game dari iOS 11+ atau perangkat Android M+ yang dapat menjalankan aplikasi Stadia.

Baca juga: Infinix S4 Meluncur Usung Kamera 32MP dan RAM 6GB, Berapa Harganya?

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini