Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Unik, China Bikin Ladang Panel Surya Berbentuk Panda

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Rabu 10 Juli 2019 11:35 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 07 10 56 2076941 unik-china-bikin-ladang-panel-surya-berbentuk-panda-rbFmNpYCX4.jpg (Foto: China Merchants New Energy/Panda Green Energy)

JAKARTA - Belum lama ini China Merchants New Energy Group, salah satu operator energi bersih terbesar di China berhasil membangun ladang panel surya seluas 248 hektar.

"China Merchants New Energy Group bekerja dengan Program Pembangunan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNDP) untuk menjadikan Panda Power Plant menjadi kenyataan. Proyek ini adalah bagian dari upaya yang lebih besar untuk meningkatkan kesadaran di kalangan anak muda di China tentang energi bersih," tulis UNDP dalam sebuah pernyataan.

Dilansir dari laman Business Insider, Rabu (10/7/2019), China memang terkenal dengan pembangunan tanaga pembangkit listrik tenaga suryanya belakangan ini. Namun biasanya, kebanyakan panel surya hanya disusun dalam baris biasa.

Kali ini ladang panel surya yang bertempat di Datong ini dibuat berbeda dengan bentuk Panda, hewan yang juga menjadi ikon negara tersebut.

Proyek ini baru saja mulai mengalirkan listrik ke jaringan listrik di barat laut China. Menariknya ladang panel surya dengan bentuk Panda kedua direncanakan akan dibuat lagi akhir tahun ini.

 Salah satu operator energi bersih terbesar di China berhasil membangun ladang panel surya seluas 248 hektar.

Pembangkit listrik tersebut nantinya akan menghasilkan 3,2 miliar kilowatt-jam energi matahari dalam 25 tahun, menurut perusahaan.

Lengkapnya, ini akan memangkas sekira jutaan ton batubara yang seharusnya digunakan untuk menghasilkan listrik, mengurangi emisi karbon sebesar 2,74 juta ton.

Perusahaan dan UNDP berharap untuk membangun lebih banyak pembangkit tenaga surya atau panel surya berbentuk Panda di seluruh China dalam lima tahun ke depan.

Baca juga: Intip Fitur Galaxy Note 10 dalam Video Teaser 30 Detik

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini