Tanpa Teleskop, Saturnus Bisa Terlihat dengan Mata Telanjang

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Rabu 10 Juli 2019 12:03 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 07 10 56 2076955 tanpa-teleskop-saturnus-bisa-terlihat-dengan-mata-telanjang-687RbEXXyD.jpg (Foto: MSN)

JAKARTA - Akun Twitter resmi Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) telah menginformasikan bahwa Saturnus dapat dilihat dengan mata telanjang. Tepatnya, planet yang terkenal dengan cincin ini bisa disaksikan pada pukul 20.00 (9/7) hingga 04.00 (10/7).

"Oposisi Saturnus bakal jelas terlihat sekitar jam 8 malam (20.00) sampai pukul 4 pagi. Akan terlihat lumayan terang di sebelah timur dan berwarna kekuningan dan tidak berkedip seperti bintang," tulis @LAPAN_RI.

Kabarnya, sekitar 380 hari sekali Saturnus akan tampak berseberangan (oposisi) dengan Matahari apabila dilihat dari Bumi. Dengan demikian, Saturnus tampak lebih terang dan jelas di malam hari.

Lebih lanjut LAPAN menjelaskan bahwa tahun ini oposisi Saturnus tepat pada 9 Juli. Saturnus akan berada di depan rasi Sagitarius dekat dengan arah pusat Bimasakti. Oposisi saturnus bisa terlihat dengan mata, namun jika ingin melihat lebih dekat sampai terlihat cincin Saturnus harus pakai teleskop.

Baca juga: Satelit Milik China Tangkap Pemandangan Gerhana Matahari yang Menakjubkan

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini