Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bulan Milik Saturnus 'Titan' Jadi Target Penelitian NASA

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Jum'at 12 Juli 2019 13:00 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 07 12 56 2077973 bulan-milik-saturnus-titan-jadi-target-penelitian-nasa-uxv1ZLzNVP.jpg Ilustrasi Titan (Foto: Gizmodo)

JAKARTA - Bulan dan Mars selalu menjadi daftar prioritas NASA untuk misi ke luar angkasa. Badan Antariksa dan Luar Angkasa tersebut juga dikabarkan akan kembali ke Bulan pada 2021 dan membawa manusia pertama ke Mars pada 2030.

Dilansir dari laman IBTimes, Jumat (12/7/2019) meskipun demikian, NASA juga berencana untuk menjelajahi sudut-sudut ruang lain. Baru-baru ini bahkan NASA dikabarkan akan mengadakan misi luar angkasa ke Saturnus, tepatnya ke bulan milik planet bercincin tersebut, yakni Titan.

Menurut The Verge, misi baru NASA ke Titan Saturnus itu akan melibatkan drone yang akan menjelajahi permukaan Titan. Lebih lanjut, misi ini disebut Dragonfly, dan dilaporkan telah diberi cukup dana melalui program New Frontiers NASA.

Bulan Milik Saturnus, Titan Jadi Target NASA

Baca Juga: Capai Titik Terdekat, Planet Saturnus Bakal Terlihat pada Juli 2019

Program ini bertujuan untuk mendukung proyek eksplorasi paling ambisius badan antariksa tersebut dengan harapan dapat mempelajari lebih lanjut tentang Tata Surya.

"Dragonfly adalah pesawat tak berawak seukuran Mars yang dapat terbang dari satu tempat ke tempat lain di Titan," kata Elizabeth Turtle, penyelidik utama misi tersebut.

Dragonfly adalah dual-quadcopter yang akan didukung oleh delapan rotor yang akan memungkinkan untuk melakukan perjalanan sekitar delapan atau sembilan mil dalam waktu kurang dari satu jam.

Fungsi utamanya adalah untuk "melompat" di sekitar permukaan Titan setiap 16 hari, sehingga dapat lebih mempelajari permukaan Titan dan mengamati cuaca Titan. Pendarat juga bisa membuat lompatan yang lebih pendek yang memungkinkan para ilmuwan untuk melihat lebih dekat pada poin menarik yang bisa ditangkap.

Dragonfly dapat terbukti menjadi alat yang ampuh untuk mempelajari lebih lanjut tentang bulan Saturnus karena dapat bermanuver di atmosfer Titan yang bergejolak. Gravitasinya hanya ketujuh dari Bumi dan juga empat kali lebih tebal, yang membuatnya ideal untuk terbang.

Bulan Milik Saturnus, Titan Jadi Target NASA

Baca Juga: NASA Cassini Ungkap Detail Cincin Saturnus

"Jika kamu memakai sayap, kamu akan bisa terbang di Titan," kata Turtle.

Di antara bulan-bulan Saturnus, Titan dianggap sebagai salah satu yang paling menarik karena aktivitas geologisnya yang luas. Badan Titan baru-baru ini menjadi berita ketika foto-fotonya menunjukkan fitur bulan menarik yang menarik yakni koridor es yang menutupi hampir setengah dari lingkar Titan.

Menurut sebuah laporan, fenomena yang masih belum teridentifikasi adalah salah satu penemuan yang lebih menarik yang ditemukan di bulan utama Saturnus. Koridor es, digambarkan sebagai "pita es," pada dasarnya mencakup 40 persen dari diameter bulan.

Baca Juga: Ini Penampakan Danau di Bulan Titan Milik Saturnus

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini