Tahukah Anda Komposisi Cincin Unik Milik Saturnus?

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Sabtu 13 Juli 2019 08:00 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 07 12 56 2078020 tahukah-anda-komposisi-cincin-unik-milik-saturnus-NCG8stNHpE.jpg Ilustrasi Saturnus (Foto: Universe Today)

JAKARTA - Pemandangan langit menjadi salah satu hal yang mampu menyorot perhatian. Belum lagi jika planet lain di Tata Surya terlihat dari Bumi. Pada 9 Juli 2019, Saturnus tampak terlihat dari Bumi. Pemandangan Saturnus dinantikan, karena planet ini memiliki cincin unik yang melingkari planetnya.

Dilansir dari laman Travel and Leisure, Sabtu (13/7/2019) cincin Saturnus ini terbentuk dari partikel kecil batu, air, dan es. Menariknya lagi cincin Saturnus juga dianggap sebagai sisa-sisa Bulan. In The Sky melaporkan bahwa cincin tahun ini miring dan menunjukkan belahan utara Saturnus.

Komposisi Cincin Unik Milik Saturnus

 Baca Juga: Bulan Milik Saturnus 'Titan' Jadi Target Penelitian NASA

Karena memiliki bentuk yang besar, melihat cincin Saturnus dari Bumi mungkin bukan hal yang mudah. Salah satu hal yang memungkinkan yakni menggunakan teleskop. Jika tidak memiliki teleskop sendiri, pertimbangkan perjalanan ke observatorium publik pada bulan ini. Para astronom pasti akan memerhatikan Saturnus setiap malam.

Kemudian, jika beruntung satelit milik Saturnus, Titan juga kabarnya akan terlihat. Satelit ini memang menjadi yang paling besar dari 62 satelit yang mengorbit Saturnus. Saturnus akan kembali mencapai oposisi, ketika Bumi berada tepat di antara sebuah planet dan matahari pada 20 Juli 2020.

Baca Juga: Capai Titik Terdekat, Planet Saturnus Bakal Terlihat pada Juli 2019

Komposisi Cincin Unik Milik Saturnus

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini