Mengenal Istilah NFC pada Smartphone Android

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Minggu 14 Juli 2019 14:08 WIB
https: img.okezone.com content 2019 07 14 207 2078688 mengenal-istilah-nfc-pada-smartphone-android-POmJdFWFLP.jpg Ilustrasi Penggunaan Fitur NFC pada Ponsel (Foto: Verifone)

JAKARTA- Teknologi sekarang ini semakin berkembang, tidak terkecuali teknologi pada smartphone. Banyak smartphone Android dipasaran yang telah menyematkan teknologi NFC.

Teknologi NFC juga semakin populer belakangan ini berkat banyak aplikasi yang memanfaatkan teknologi ini Tapi, apa itu sebenarnya NFC dan bagaimana cara kerjanya? Kali ini Okezone akan membahas pengertian teknologi NFC yang ada pada smartphone, berikut ulasannya seperti dilansir dari laman Android Pit, Minggu (12/7/2019).

NFC merupakan singkatan dari Near Field Communication. Pada dasarnya, NFC merupakan fitur yang digunakan ponsel untuk berinteraksi dengan sesuatu yang dekat. Lengkapnya, NFC beroperasi dalam radius sekitar 4 cm dan menyediakan koneksi nirkabel antara smartphone dan perangkat lainnya.

Mengenal Fitur NFC Pada Ponsel Android

Baca Juga: 4 Daftar Ponsel Terbaik dengan Fitur NFC, Apa Saja?

Fitur ini juga memungkinkan komunikasi dua arah, dengan kedua perangkat yang terlibat dapat mengirim dan menerima informasi. Koneksi NFC ini tidak bergantung pada Wi-Fi, 3G, LTE atau lainnya, dan tidak ada biaya apa pun untuk menggunakannya.

Meskipun sekarang menjadi populer, namun beberapa negara sebenernya telah menggunakan NFC selama bertahun-tahun sekarang tanpa menyadarinya. Apakah Anda tahu tiga garis lengkung pada kartu kredit atau debit yang memungkinkan Anda melakukan pembayaran tanpa kontak di mana-mana hari ini? Itu merupakan NFC. Sekarang, teknologi yang sama tersedia pada sebagian besar ponsel pintar Android. Pengguna dapat menggunakan layanan seperti Google Pay untuk mendigitalkan uang.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini