Fitur NFC Aman atau Tidak, Intip Penjelasannya

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Senin 15 Juli 2019 08:05 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 07 14 207 2078771 fitur-nfc-aman-atau-tidak-intip-penjelasannya-76gZnLLutJ.jpg Ilustrasi Penggunaan Fitur NFC pada Ponsel (Foto:Ist)

JAKARTA- Beberapa smartphone premium hingga mid level sekarang ini dilengkapi dengan fitur NFC. Belakangan fitur ini juga semakin populer dengan hadirnya beberapa aplikasi yang memanfaatkan teknologi ini, seperti untuk pembayaran.

Dilansir dari laman Android Pit, Senin (15/7/2019) NFC digunakan untuk berinteraksi dengan perangkat lain melalui udara. Sehingga sedikit sulit untuk melakukan penyadapan, hal ini lantaran jarak saat menggunakan NFC sangat dekat. Seorang pencuri harus berada dalam jarak yang sangat dekat bahkan terpaut 4cm untuk membaca sepintas data Anda melalui NFC. Ini akan menjadi sangat tidak mungkin.

Jika Anda menggunakan Google Pay, Anda harus yakin bahwa nomor kartu kredit Anda tidak pernah dikirimkan. NFc menyediakan cara tercepat untuk mengatur koneksi antara perangkat elektronik dan menyediakan solusi tercepat untuk transfer file antar handset dalam jarak dekat.

 Amankan penggunaan NFC pada smartphone Android

Baca Juga: 4 Daftar Ponsel Terbaik dengan Fitur NFC, Apa Saja?

NFC cocok untuk saat Anda kehabisan kredit, kehabisan data, tidak memiliki Wi-Fi atau sinyal operator, atau tidak memiliki kabel untuk melakukan transfer PC.

Untuk diketahui, NFC merupakan singkatan dari Near Field Communication. Lengkapnya, NFC beroperasi dalam radius sekitar 4 cm dan menyediakan koneksi nirkabel antara smartphone dan perangkat lainnya. Fitur ini juga memungkinkan komunikasi dua arah, dengan kedua perangkat yang terlibat dapat mengirim dan menerima informasi.

Koneksi NFC ini tidak bergantung pada Wi-Fi, 3G, LTE atau lainnya, dan tidak ada biaya apa pun untuk menggunakannya.

Baca Juga: Mengenal Istilah NFC pada Smartphone Android

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini