Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Beredar Video Pencurian Uang Digital via Scan QR Code

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Selasa 16 Juli 2019 06:01 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 07 15 207 2079312 beredar-video-pencurian-uang-digital-via-scan-qr-code-AxOsqxTxQK.jpg (Foto: TechCrunch)

JAKARTA - Teknologi canggih membuat hidup seseorang menjadi lebih mudah. Bila dahulu lebih banyak orang membayar sejumlah uang tunai ketika transaksi di supermarket, kini semakin banyak orang menggunakan pembayaran mobile dengan mengandalkan smartphone.

Video yang tersebar di media sosial ini menunjukkan agar pengguna harus lebih waspada ketika menggunakan teknologi mobile payment, terutama yang menampilkan QR Code.

Video menampilkan seorang pria yang tengah menunggu untuk membayar di kasir dan seorang pria di belakangnya tiba-tiba mengarahkan ponselnya untuk membidik QR Code di ponsel korban.

Kabarnya, orang yang berdiri di belakang atau di samping bisa meretas, memindahkan saldo milik korban ke dalam ponsel pelaku. Konon, peristiwa ini bisa terjadi setiap hari di Tiongkok.

"Hati-hati saat Anda membayar tagihan. Baru-baru ini muncul cukup banyak di kasir supermarket," tulis video yang beredar dengan bahasa China. Ketika korban memegang kode QR untuk membayar, tersangka memindai uang dari belakang melalui ponsel untuk mencuri uang.

Peristiwa ini bisa terjadi saat menunggu di supermarket. Pencuri mencuri dari belakang dengan jumlah 5-9 yuan.

Video ini ditujukan agar semua orang bisa memperhatikan dan waspada apabila berada di tempat pusat perbelanjaan atau ketika mengantre di kasir supermarket untuk melakukan pembayaran via QR Code.

 Pengguna harus lebih waspada ketika menggunakan teknologi mobile payment, terutama yang menampilkan QR Code.

Baca juga: Bekraf Targetkan Developer Lokal Kuasai 25% Pasar Game di Indonesia

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini