Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jajal realme X, Ponsel Kamera Pop-up dengan Fitur Fingerprint Bawah Layar

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Senin 15 Juli 2019 20:53 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 07 15 92 2079288 jajal-realme-x-ponsel-kamera-pop-up-dengan-fitur-fingerprint-bawah-layar-XsxCN8rbNA.jpg (Foto: Ahmad Luthfi/Okezone)

JAKARTA - Realme akan menghadirkan ponsel Android terbaru yang mereka juluki realme X. Sebelumnya, perusahaan telah mengungkap kehadiran realme 3 Pro, di mana handset ini juga sama-sama mengusung prosesor Qualcomm SDM710 Snapdragon 710 (10 nm).

Akan tetapi, keduanya jelas memiliki perbedaan. Perbedaan yang paling tampak ialah bodinya yang lebih besar dan berat serta beberapa fitur unggulan yang dihadirkan pada realme X.

Okezone sempat menjajal perangkat realme X yang rencananya dirilis pada 25 Juli 2019 di Indonesia. Ada beberapa temuan menarik, terutama dari sisi desain serta fitur-fitur andalan realme X.

  Realme akan menghadirkan ponsel Android terbaru yang mereka juluki Realme X.

Desain

Realme X memiliki layar 6,53 inci, membuatnya tampak besar dan ketika digenggam, beratnya pun terasa. Ponsel dengan berat 191 g ini tampil dengan bezel tipis, tanpa notch atau poni. Anda mungkin sudah bisa menebak bahwa ketiadaan notch, berarti ponsel memiliki fitur kamera pop-up.

Pada bagian kiri, terdapat tombol power yang uniknya berwarna kuning atau emas, berdekatan dengan slot SIM Card. Sementara di bagian kanan, terdapat tombol volume untuk meninggikan atau merendahkan suara.

Pada bagian atas, tidak ada yang terlihat kecuali bentuk elips yang menunjukkan tempat tinggal bagi kamera pop-up. Sementara di bagian bawah, perangkat menampilkan USB Type C, speaker dan jack 3.5mm.

 Realme akan menghadirkan ponsel Android terbaru yang mereka juluki Realme X.

Untuk bagian punggung ponsel, handset cukup terlihat elegan karena mengusung desain gradasi yang menarik pandangan. Gradasi terlihat smooth dengan bagian atas tampak keunguan dan biru di bagian bawah.

Handset mengusung dua buah kamera belakang dengan susunan vertikal dan juga fitur flash.

Fitur

Beberapa fitur andalan yang dimiliki realme X ialah kemampuan keamanan seperti Fingerprint (under display) dan juga fitur pengenal wajah. Selain itu, dual kamera yang ditanam pada realme X juga tidak main-main, yakni berkekuatan tembak 48 MP serta 5MP.

Untuk fitur sensor sidik jari di bawah layar, pengguna harus mendaftarkan jari terlebih dahulu. Fitur ini berguna agar pengguna lebih cepat membuka ponsel. Bila Anda bosan harus menekan jari pada layar, maka fitur pengenal wajah bisa diandalkan.

 Realme akan menghadirkan ponsel Android terbaru yang mereka juluki Realme X.

Fitur pengenal wajah juga harus merekam wajah pengguna terlebih dahulu. Berdasarkan pengalaman Okezone, fitur pengenal wajah sedikit memakan waktu untuk membuka ponsel realme X karena melewati beberapa tahapan hingga kamera depan nongol di hadapan pengguna.

Kamera

Kamera yang diusung realme X cukup dapat diandalkan bagi mereka pecinta fotografi. Hasil kamera tidak mengecewakan, dan dapat dipergunakan untuk menangkap gambar dari kejauhan.

Berkat sensor Sony IMX586, hasil jepretan foto realme X cukup berkelas dan kamera bisa di-zoom hingga 10X. Ketika akan membidik objek, Anda bisa mengaktifkan Penguat Kroma, selain HDR, yang bisa mempertajam warna objek.

 Realme akan menghadirkan ponsel Android terbaru yang mereka juluki Realme X.

Uniknya, saat membidik objek atau pemandangan, perangkat sudah dapat mengenali untuk modus Lensa Makro, Green Plants, atau Dalam Ruangan. Sementara untuk video, realme X bisa diatur untuk merekam pada resolusi 720p hingga 4K.

Untuk kamera depan, kamera pop-up 16 MP ini baru akan muncul ketika masuk dalam mode foto. Tersedia berbagai macam filter, mode HDR, bahkan flash dengan cara menampakan layar putih dengan kecerahan yang ditinggikan sesaat.

 Realme akan menghadirkan ponsel Android terbaru yang mereka juluki Realme X.

Benchmark

Okezone menjajal dengan aplikasi benchmark AnTuTu dan menemukan skor sebesar 156925. Dengan skor ini, realme X berada di atas Oppo F11 dan Vivo V15. Hanya saja, ponsel anyar ini masih kalah dengan Samsung Galaxy A70 atau Honor 10.

 Realme akan menghadirkan ponsel Android terbaru yang mereka juluki Realme X.

Okezone juga menjajal dengan game Asphalt 8 dan game dapat diandalkan untuk bermain game 3D. Grafis terlihat begitu mulus dan permainan bisa berjalan dengan lancar.

 Realme akan menghadirkan ponsel Android terbaru yang mereka juluki Realme X.

Kesimpulan

Realme X bisa diandalkan untuk mendukung pekerjaan pengguna, cocok juga dipakai oleh para pekerja atau pebisnis yang mobile. Handset juga bisa digunakan untuk memotret objek atau pemandangan dengan hasil tangkapan foto yang tajam.

Di samping itu, realme X juga dapat menjalankan game 3D yang seharusnya andal untuk game yang lebih berat seperti PUBG Mobile.

Di balik keunggulan yang dihadirkan realme X, ponsel ini memang terasa berat ketika digenggam. Berat bodi yang ada pada realme X mungkin sedikit berlebihan untuk sebuah ponsel yang hadir dengan kapasitas baterai 3.765 mAh.

Sayangnya lagi, tidak terdapat slot kartu untuk memori tambahan. Kendati demikian, handset sudah didukung dengan kapasitas penyimpanan internal 128GB.

 Realme akan menghadirkan ponsel Android terbaru yang mereka juluki Realme X.

Spesifikasi realme X

- Layar 6,53 inci (Corning Gorilla Glass 5)

- Prosesor Qualcomm SDM710 Snapdragon 710 (10 nm)

- RAM 8GB

- Storage 128GB

- Kamera belakang: 48 MP dan 5MP

- Kamera depan: 16 MP

- Baterai 3765 mAh

- Versi Android 9.0 dan UI ColorOS 6

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini