Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hacker Asal Ukraina Jadi Buronan AS Akhirnya Ditangkap

Agregasi VOA, Jurnalis · Rabu 17 Juli 2019 15:30 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 07 17 207 2080116 hacker-asal-ukraina-jadi-buronan-as-akhirnya-ditangkap-cco5atpjJJ.jpg (Foto: New York Post)

JAKARTA - Hacker atau peretas asal Ukraina akhirnya ditangkap setelah menjadi buronan selama bertahun-tahun oleh Amerika Serikat (AS). Buronan ini bernama Mykhailo Rytikov yang ditangkap di kota Odessa.

Dikutip dari Voaindonesia, kepala dinas keamanan nasional Ukraina, Ivan Bakanov, hari Selasa (16/7) mengatakan, hacker Mykhailo Rytikov ditangkap di kota Odessa dalam operasi yang dilakukan setelah berkoordinasi dengan Inggris dan Amerika.

Bakanov mengatakan operasi itu menemukan pusat data dengan sekitar 150 server. Setelah diteliti, peralatan itu mengindikasikan sebagian beroperasi di bawah “kendali dan penyamaran agen mata-mata Rusia”. Moskow belum mengomentari tuduhan itu.

Rytikov, warga Ukraina, dinyatakan bersalah di Amerika tahun 2013 karena menjalankan organisasi peretasan canggih yang mencuri setidaknya 160 juta nomor kartu kredit dan debit. Akan tetapi Amerika dan Ukraina tidak memiliki perjanjian ekstradisi.

 Hacker atau peretas asal Ukraina akhirnya ditangkap setelah menjadi buronan selama bertahun-tahun oleh Amerika Serikat (AS).

Baca juga: Samsung Resmi Hadirkan Galaxy A80 di Indonesia

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini