Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mata Uang Kripto Facebook Dikritik Anggota DPR AS

Agregasi VOA, Jurnalis · Kamis 18 Juli 2019 14:31 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 07 18 207 2080515 mata-uang-kripto-facebook-dikritik-anggota-dpr-as-5Jp8fb0cNK.jpg (Foto: Engadget)

JAKARTA - Facebook berencana menciptakan mata uang digital baru yang dinamakan Libra. Mata uang kripto ini rupanya mendapatkan kritikan oleh Anggota DPR AS.

Seperti dikutip Voaindonesia, anggota DPR Amerika mengkritik Facebook secara tajam hari Selasa (16/7) dalam sidang dengar pendapat terkait rencananya untuk menciptakan mata uang digital baru. Mereka acap kali merujuk pada apa yang mereka sebut sebagai kegagalan perusahaan media sosial ini untuk melindungi informasi penggunanya.

Anggota Komite Perbankan Senat bertanya kepada David Marcus, kepala proyek Libra Facebook, bagaimana perusahaan akan digunakan untuk menciptakan Libra, sebuah mata uang kripto yang oleh Facebook digambarkan akan memungkinkan transfer dana lintas perbatasan dan murah.

“Facebook itu berbahaya. Saat ini Facebook mungkin tidak menganggap hal tersebut sebagai sesuatu yang berbahaya, namun mereka tidak respek pada kekuatan teknologi yang mereka mainkan, seperti anak balita yang memegang sekotak korek api di tangannya. Facebook telah menciptakan musibah berkali-kali dan berdalih bahwa setiap musibah itu sebagai sebuah pembelajaran,” kata Senator Sherrod Brown.

Facebook menjadi pusat kontroversi dalam beberapa tahun terakhir karena kegagalannya untuk melindungi informasi penggunanya dan menyaring informasi palsu, yang oleh para kritikus dikaitkan dengan interfensi Rusia dalam pemilihan presiden Amerika tahun 2016 dan kampanye genosida militer Myanmar terhadap kelompok minoritas muslim di negara tersebut.

Marcus meyakinkan anggota DPR bahwa Facebook akan teliti dalam menyiapkan peluncuran mata uang kripto itu.

 Facebook berencana menciptakan mata uang digital baru yang dinamakan Libra.

Baca juga: Tanggapan Facebook Indonesia Soal Uang Digital 'Libra'

“Adapun pola pikir, dimana kami mengembangkan produk dan privasi produk, adalah bahwa ini hanya akan mengumpulkan informasi yang diperlukan saja untuk menawarkan layanan, juga untuk menjaga keamanan akun, yang sudah tentu sangat penting karena berkaitan dengan uang, khususnya karena kami akan memiliki program perlindungan konsumen yang kuat”.

Libra kabarnya akan disupervisi oleh Asosiasi Libra, sebuah grup beranggotakan 100 orang dari profesi teknologi dan keuangan, dan Facebook hanya salah satu entitas yang akan ikut mengelola mata uang tersebut.

Menteri Keuangan, Steven Mnuchin memberitahu reporter hari Senin bahwa Facebook jalannya masih panjang sebelum Libra disetujui.

Facebook memperkenalkan Libra bulan lalu sebagai alternatif dari mata uang kripto yang sudah populer, bitcoin. Facebook berharap untuk meluncurkan mata uang tersebut pada tengah tahun pertama tahun 2020.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini