Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Nasib Selebgram Bila Jumlah Like Disembunyikan

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Sabtu 20 Juli 2019 15:00 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 07 20 207 2081416 bagaimana-nasib-influencer-saat-jumlah-like-instagram-disembunyikan-L9FNOxBYHl.jpg Ilustrasi Instagram (Foto: The Inquirer)

JAKARTA- Instagram tengah memperluas uji coba sembunyikan jumlah like diaplikasinya. Setelah Kanada, Instagram meluncurkan uji coba di enam negara lain, yakni Irlandia, Italia, Jepang, Australia, Brasil, dan Selandia Baru.

Hal tersebut dikatakan oleh Instagram untuk mengurangi tekanan mental pengguna Instagram yang mulai membandingkan jumlah like mereka dengan yang lain. Kerap kali jumlah like menjadi tolak ukur kepopuleran seseorang.

Meskipun disembunyikan, pengguna masih bisa melihat siapa saja yang menyukai postingan mereka. Namun, pengguna lain tidak bisa melihat jumlah like.

Dilansir dari laman Inquirer, Sabtu (20/7/2019) salah satu kelompok paling terpengaruh dari kebijakan Instagram ini mungkin adalah influencer, selebgram, selebriti papan atas, dan akun bisnis yang menggunakan Instagram untuk berjualan. Hal ini lantaran biasanya jumlah like memengaruhi pengikut mereka.

Salah satu warga Kanada yang sudah mengikuti uji coba Instagram, Ryan Hilton (27) mengungkapkan jika fitur like yang disembunyikan memang membuat dirinya sulit menemukan influencer yang harus dia ikuti, pasalnya semua akun menjadi sama menurut dirinya.

 Instagram sembunyikan like

Baca Juga: Ini Alasan Instagram Sembunyikan Like Postingan Pengguna

Namun Hilton mengatakan jika dirinya mengerti mengapa Instagram melakukan ini. Hilton mengatakan adik perempuannya, yang duduk di sekolah menengah telah terobsesi dengan jumlah like di Instagram.

"Ini terutama untuk generasi muda, orang-orang di sekolah menengah dan semacamnya. Ada banyak tekanan, jika seseorang memiliki 1.000 suka dan seseorang memiliki dua suka, itu mungkin membuat mereka merasa tidak terlalu baik," kata Hilton.

Sementara Hilton mengatakan perubahan itu mungkin akan sedikit memperlambat dunia influencer, ia menunjukkan bahwa banyak influencer muda sekarang menggunakan video langsung, bukan foto untuk membangun pengikut mereka. Di sini, lanjut Hilton fitur like masih terlihat.

Guy Avigdor, co-founder dan chief operating officer dari perusahaan pemasaran influencer Klear, mengatakan banyak pemasar juga bergerak menuju Instagram Stories dan fitur Stories.

"Jika ada, sekarang adalah saatnya bagi industri untuk mengadaptasi metrik yang lebih memadai untuk mengukur dampak influencer dan mengurangi ketergantungan pada like Instagram," kata Avigdor.

Instagram sembunyikan like

Baca Juga: Setelah Kanada, Instagram Uji Coba Sembunyikan Like di 6 Negara

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini