Video Ini Buktikan Bahayanya Gunakan Ponsel saat Di-charge

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Sabtu 20 Juli 2019 13:33 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 07 20 92 2081403 video-ini-buktikan-bahayanya-gunakan-ponsel-saat-di-charge-dxmH8amH6W.jpg Ilustrasi Ponsel saat Dicharge (Foto: Ist)

JAKARTA- Menelpon sambil mengisi daya baterai ponsel memang tidak dianjurkan. Hal tersebut lantaran ponsel dialiri arus listrik saat sedang dicharge, ini juga bisa menyebabkan seseorang tersengat listrik. Menggunakan earphone atau handset saat mengisi daya juga tidak dianjurkan.

Contohnya pada Februari 2019, seorang pekerja pabrik di Thailand, Kristada Supol (24) tewas setelah tersetrum. Supol tengah mendengarkan musik menggunakan earphone saat mengisi daya ponsel-nya. 

Belum lama ini beredar video BSSC Sumbawa Besar yang mencoba membuktikan bahwa ponsel mengandung aliran listrik saat diisi daya. Dalam video tersebut, seseorang dalam video melakukan pengecekan menggunakan tespen bunyi otomatis, di mana saat ada aliran listrik tespen akan berbunyi.

 Bahaya Menelpon Sambil Charge Ponsel

Baca Juga: Pria Ini Tewas Saat Gunakan Earphone Sambil Charge Smartphone

Awalnya pria dalam video, mengecek kabel aliran AC, dimana tespen menyala. Dia pun mencoba pada colokan dan kabel charger yang sudah tersambung pada saklar pun otomatis berbunyi. Dia pun mencoba mengalihkan tespen pada ponsel yang belum dicharge, tespen tidak berbunyi.

"Handphone yang tidak dicharge tidak mengandung listrik, disaat kita charge handphone sudah mengandung listrik. Jadi kenapa dilarang menerima telpon saat mengecharge," kata dia.

Memang pada saat dia mengarahkan tespen pada ponsel yang sudah dicharge, tespen berbunyi. Dia pun mencoba untuk mencabut kabel charge, tespen tidak berbunyi. Kemudian dia juga mencoba dengan earphone yang dipasang saat mengisi daya, tespen berbunyi yang artinya ada aliran listrik, sehingga tak dianjurkan menggunakan earphone pada saat mengisi daya ponsel.

Baca Juga: Ponsel Black Market Ganggu Penjualan Ponsel Lokal

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini