Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Intip Trik Sederhana Cari Tahu Pencuri Jaringan Wi-Fi Anda

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Senin 22 Juli 2019 08:00 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 07 20 92 2081477 intip-trik-sederhana-cari-tahu-pencuri-jaringan-wi-fi-anda-lQXWRhdXPv.jpg Cara Sederhana Ketahui Wi-Fi Anda Dicuri (Foto: Android Pit)

JAKARTA- Ada banyak alasan mengapa koneksi Wi-Fi Anda mungkin lebih lambat dari biasanya. Sebagian besar karena kesalahan jaringan, tetapi bisa jadi seseorang menggunakannya tanpa izin Anda.

Kali ini Okezone akan memberikan ulasan mengenai bagaimana mencari tahu pencuri Wi-Fi Anda dan cara memblokirnya. Berikut ulasannya, seperti dilansir dari laman Android Pit, Senin (22/7/2019).

Baca Juga: Cegah Internet Lemot, Ini Cara Meletakan Wifi Router yang Benar

Cara Mendeteksi Pencuri Wi-Fi:

Ada cara untuk memeriksa apakah seseorang mencuri Wi-Fi Anda tanpa menggunakan banyak teknologi sama sekali. Router nirkabel Anda memiliki tanda lampu berkedip untuk menunjukkan bahwa ada aktivitas.

Cobalah untuk memutuskan koneksi setiap perangkat yang biasanya terhubung dengan Wi-Fi, seperti smartphone, laptop, TV pintar dan konsol game dan apa pun dengan koneksi Wi-Fi. Jika lampu masih berkedip, ada kemungkinan seseorang terhubung ke router Anda dan mencuri Wi-Fi Anda. Namun, jika melepaskan semua perangkat Anda sepertinya terlalu merepotkan, ada cara lain.

Untuk mengetahui siapa yang menggunakan Wi-Fi Anda, hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah memastikan Anda terhubung ke jaringan Wi-Fi yang ingin Anda pantau. Selanjutnya, unduh aplikasi pemantauan jaringan Fing dari Play Store atau App Store.

Cara menemukan pencuri Wifi

Baca Juga: 33 Negara Ini Miliki Internet Mobile Lebih Cepat Dibanding WiFi

Setelah mengunduh aplikasi, buka aplikasi itu, dan Anda akan melihat nama jaringan Anda di layar beranda, bersama dengan tombol Refresh dan Pengaturan. Untuk melihat semua perangkat yang terhubung ke jaringan Wi-Fi Anda, ketuk Refresh.

Proses ini bisa memakan waktu beberapa menit, tetapi setelah itu Anda akan melihat daftar perangkat, bersama dengan indikator yang memberi tahu Anda apakah itu smartphone, PC, atau perangkat lain.

Ketuk perangkat apa pun di jaringan Anda untuk memunculkan daftar opsi untuk berinteraksi dengan perangkat itu. Ini termasuk mengirim ping atau sinyal Wake on LAN, dan Anda bahkan dapat login ketika perangkat tersebut terhubung dan terputus dari jaringan.

Baca Juga: Doyan Pakai WiFi Gratis? Intip Bahayanya

Cara Memblokir Pencuri Wi-Fi:

Jika salah satu perangkat yang terhubung ke jaringan Anda tidak dikenal atau mencurigakan, Anda dapat memblokirnya selamanya. Fing menunjukkan kepada Anda alamat MAC dari setiap perangkat yang terhubung ke jaringan Anda. Nomor akan mengikuti format ini dan terdiri dari angka dan huruf: 'xx: xx: xx: xx: xx: xx'), catat nomor ini.

Pada komputer yang terhubung ke router Anda, masukkan IP router Anda ke browser, lalu masukkan detail login router Anda di halaman berikutnya. Setelah masuk ke router Anda, temukan opsi Keamanan (lokasinya bervariasi di antara router dan mungkin terletak di bawah Pengaturan Lanjut)

Cara menemukan pencuri Wifi

Baca Juga: Peneliti Kembangkan Teknologi Charging dengan Sinyal Wifi

Di keaamanan, klik pmmfilteran MAC, lalu tambah perangkat. Masukkan alamat MAC perangkat yang ingin Anda batalkan di bidang MAC, berikan nama jika ada opsi seperti itu, lalu klik Terapkan, Simpan atau OK. Saat Anda masuk ke router, mungkin juga perlu mengubah kata sandi Wi-Fi Anda, mengingat yang terakhir Anda mungkin telah disusupi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini