Video Asli Pendaratan Manusia di Bulan Dilelang Rp35,9 Miliar

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Senin 22 Juli 2019 06:01 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 07 21 56 2081689 video-asli-pendaratan-manusia-di-bulan-dilelang-rp35-9-miliar-0vq0JQs3fJ.jpg (Foto: Los Angeles Times)

JAKARTA - Dalam rangka perayaan 50 tahun keberhasilan pendaratan Bulan, tiga rekaman video asli dari pencapaian manusia itu dijual di pelelangan dengan harga tinggi. Konon, rekaman video ini dilelang dengan harga USD2,58 juta atau sekira Rp35,9 miliar.

Dilansir ABC, Minggu (21/7/2019), rumah lelang Sotheby menjual tiga rekaman video NASA asli Neil Armstrong dan pendaratan Buzz Aldrin di Bulan. Angka yang mencapai USD2,58 juta ialah 8.000 kali lipat dari harga yang dibayarkan oleh pekerja magang NASA pada 1976.

Saat itu, Gary George membelinya dari lelang surplus pemerintah, kata Sotheby, menambahkan bahwa video belum dipulihkan, ditingkatkan atau dibuat ulang. Ini diklaim merupakan gambar video "paling awal, paling tajam dan paling akurat yang masih ada dari langkah pertama manusia di Bulan".

"Lima puluh tahun yang lalu hari ini, kami mencapai pencapaian manusia terbesar di dunia, dan apa yang kami ingat secara universal tentang peristiwa itu paling baik didokumentasikan dalam rekaman ini," kata Cassandra Hatton dari Sotheby dalam rilis media.

Misi Apollo 11 menarik perhatian di seluruh dunia terkait manusia pertama yang menginjakkan kaki di Bulan.

Rekaman itu memperlihatkan gambar-gambar yang sekarang terkenal di seluruh dunia, termasuk langkah pertama Armstrong, Aldrin menuruni tangga pendarat, penanaman bendera Amerika dan Aldrin memantul di sepanjang permukaan bulan.

Gambar-gambar itu "lebih tajam dan lebih berbeda" daripada yang ditampilkan di tempat lain, tambah Sotheby.

Kaset-kaset (tapes) itu diputar selama dua jam dan 24 menit, menunjukkan keseluruhan berjalan di Bulan seperti yang terlihat oleh Mission Control, termasuk panggilan telepon dengan Presiden AS Richard Nixon.

Pembeli kaset tidak diketahui.

Baca juga: Jutaan Orang Masih Yakin Hoaks Pendaratan di Bulan 1969

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini