Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tips Jadi Atlet Esport ala Richard Permana Team NXL

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Selasa 23 Juli 2019 06:01 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 07 22 326 2082141 tips-jadi-atlet-esport-ala-richard-permana-team-nxl-OrJbZtnqvM.jpg (Foto: Richard Permana/Twitter)

JAKARTA- Perkembangan dunia eSport tampaknya semakin berkembang belakangan ini. Hal tersebut terlihat dari banyaknya kompetisi eSports lokal hingga internasional. Di Asia Tenggara sendiri potensi eSport juga besar. Bahkan, eSport akan menjadi cabang olahraga resmi SEA Games 2019 yang akan dipertandingkan pada 30 November hingga 11 Desember di Filipina.

Salah satu pemain profesional eSport dan CEO Team NXL, Richard Permana mengatakan untuk menjadi profesional eSport bukan hal yang instan dan cepat. Menurut dia, pemain harus serius menekuni dunia eSport sejak duduk dibangku Sekolah Menengah Pertama (SMP) atau Sekolah Menengah Atas (SMA). Menurut Richard, pemain juga harus memiliki management waktu yang baik untuk bermain game agar tidak mengganggu sekolah.

"Tips menjadi gamer handal, itu saat SMP atau SMA sudah terjun ke eSport. Harus belajar management waktu habis sekolah baru main game. Harus belajar bagaimana cepat mikir dan bermain cepat," kata Richard dalam acara peluncuran laptop MSI, di Jakarta, Senin (22/7/2019).

Lebih lanjut, Richard mengungkapkan jika saat bermain game, pemain sebaiknya merekam permainan mereka. Sehingga setelah bermain atau berlatih bisa mengevaluasi permainan.

"Jadi setelah bermain bisa langsung evaluasi kesalahannya apa. Sehabis bermain langsung review bandingin dari juara dunia, ada buktinya dan detik itu juga dari PC kita," kata dia.

Untuk informasi, untuk menjadi pemain profesional seperti sekarang ini Richrad juga membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Dirinya mulai fokus pada esport pada tahun 2000.

Waktu itu game pertama kali yang ia tekuni adalah Counter Strike. Game ini merupakan game tipe FPS (First Person Shooter) yang dibuat oleh Valve.

Lebih lanjut, Richard mulai mengikuti kompetisi eSport sekitar tahun 2004. Dia mulai go internasional mewakili Indonesia pada 2008. Saat ini dirinya berhasil menjadi CEO Team NXL yang merupakan salah satu tim eSport profesional ternama di Indonesia.

 Perkembangan dunia eSport tampaknya semakin berkembang belakangan ini.

Baca juga: Redmi Bikin Ponsel dengan Kekuatan Kamera 64MP

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini