NASA Orion Bakal Angkut Wanita Pertama ke Bulan di 2024

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Senin 22 Juli 2019 11:43 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 07 22 56 2081921 nasa-orion-bakal-angkut-wanita-pertama-ke-bulan-di-2024-xa7j1C9pyY.jpg (Foto: Slashgear)

JAKARTA - Misi Apollo 11 telah berlalu sekira 50 tahun lalu, menandakan pencapaian manusia menginjakkan kaki pertama kali di bulan. Terlepas dari perdebatan terkait pencapaian tersebut, badan antariksa Amerika Serikat, NASA saat ini menyiapkan apa yang mereka namakan NASA Orion.

Dilansir Slashgear, Senin (22/7/2019), pesawat luar angkasa NASA Orion siap untuk misi pendaratan Bulan berikutnya. Bila rencana ini benar-benar terealisasi, NASA bisa membuktikan bahwa tidak hanya sekali keberhasilan untuk mendaratkan manusia ke Bulan.

NASA telah mengumumkan penyelesaian kapsul awak untuk misi bulan mendatang, Artemis1 yang akan diluncurkan. Modul kru diproduksi oleh Lockheed Martin. Perusahaan ini juga terlibat di bagian lain dari pesawat ruang angkasa NASA Orion, seperti menggunakan teknologi cetak 3D untuk memproduksi beberapa bagian.

Pesawat ruang angkasa Orion milik NASA adalah pesawat yang ambisius. Lebih dari sekadar mendaratkan manusia di bulan untuk kedua kalinya, pesawat itu dimaksudkan untuk membawa umat manusia pada misi luar angkasa dan kemudian kembali lagi.

 NASA Orion Bakal Angkut Wanita Pertama ke Bulan di 2024

Pesawat itu juga akan digunakan untuk membawa manusia ke Mars sebagai tahap selanjutnya dari mandat lima tahun NASA.

Tentu saja, hanya karena telah dibangun bukan berarti itu akan segera digunakan. Setelah serangkaian tes, ini pertama kali akan digunakan pada misi Artemis1 yang tak berawak.

Misi Artemis1 akan menguji kemampuan pesawat ruang angkasa NASA Orion untuk pergi ke luar angkasa sebelum membawa kru, salah satunya ialah wanita pertama untuk misi bulan di 2024.

Baca juga: Jutaan Orang Masih Yakin Hoaks Pendaratan di Bulan 1969

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini