Jajal Vivo S1 untuk Fotografi hingga Bermain Game

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Senin 22 Juli 2019 10:37 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 07 22 92 2081877 jajal-vivo-s1-untuk-fotografi-hingga-bermain-game-2oALaFtWdy.jpg (Foto: Pernita Hestin Untari/Okezone)

JAKARTA - Vivo resmi menghadirkan smartphone seri S terbaru miliknya dengan meluncurkan Vivo S1 pada 16 Juli 2019. Seperti diketahui, Vivo selama ini berfokus pada lini smartphone V dan Y miliknya. Ponsel tersebut dikabarkan menyasar pasar anak muda yang kreatif dan selalu tampil beda.

Ada beberapa hal yang membedakan Vivo S1 dengan seri V yakni tampilan yang lebih simple dan warna bodi yang berbeda. Vivo S1 memiliki beberapa spesifikasi yang lebih tinggi dari segi prosesor, kamera, dan memori. Maka dari itu,  Vivo S1 ini memiliki segmen yang berada di tengah Y dan V.

Okezone kali ini berkesempatan langsung untuk menjajal Vivo S1 dengan varian warna Cosmic Green yang cukup mencolok. Berikut ulasannya untuk Anda:

Tampilan

Dari segi tampilan, Vivo S1 tak banyak menampilkan hal yang berbeda dari ponsel di pasaran. Ponsel ini mengusung poni mini, bezel tipis, gradasi warna di belakang, dan bodi yang lebih tipis.

 Jajal Vivo S1 untuk Fotografi hingga Bermain Game

Bedanya ponsel ini hanya menawarkan warna yang 'nyentrik' yakni biru dan hijau yang menyala. Beberapa ponsel di pasaran masih menawarkan ponsel dengan warna solid seperti hitam.

Pertama kali menggenggam ponsel sangat ringan dan terasa nyaman saat digenggam. Layarnya pun tidak terlalu kecil dan tidak terlalu besar. Kemudian lanjut di bagian atas ponsel tentunya terdapat poni mini dan kamera selfie 32MP.

Pada bagian kiri, terdapat slot untuk kartu SIM dan juga tombol untuk Jovi (asisten pintar Vivo). Bagian kanan dilengkapi dengan tombol volume dan power. Pada bagian bawah terdapat jack audio 3,5mm, micro USB, dan speaker.

Pada bagian belakang, tepatnya di sisi kanan terdapat tiga kamera yang diposisikan vertikal. Pada bagian bawah kanan terdapat lambang Vivo yang tak terlalu mencolok.
Jajal Vivo S1 untuk Fotografi hingga Bermain Game

Kamera

Tampaknya ini yang menjadi salah satu fitur menarik dari ponsel Vivo S1. Beberapa ponsel belakangan ini tampaknya tengah meningkatkan fitur pada kamera karena kebutuhan media sosial.

Okezone pun berkesempatan mencoba beberapa fitur yang disematkan pada ponsel. Kamera pada Vivo S1 dilengkapi dengan beberapa mode yakni Doc, Pro, Panorama, AI Beauty, HDR, Wide Angle, Filter, Bokeh, Fun Video, dan AR Stiker.

 Jajal Vivo S1 untuk Fotografi hingga Bermain Game

Saat menjajal fitur bokeh pada smartphone cukup bagus dan natural. Caranya cukup mudah untuk mendapatkan bokeh yang maksimal yakni dengan menekan objek yang akan difokuskan, otomatis latar belakang objek akan bokeh.

Kemudian, kualitas gambar pun cukup tajam dengan pencahayaan yang baik dan foto luar ruang. Fitur wide angle juga membantu untuk menampilkan gambar yang lebih luas. Dengan pengaturan tiga kamera dan banyak fitur pada smartphone, cocok untuk fotografi smartphone. 

Untuk diketahui kamera belakangan ponsel dilengkapi dengan konfigurasi 16MP, Wide Angle 8MP, dan bokeh 2MP.

 Jajal Vivo S1 untuk Fotografi hingga Bermain Game

Sayangnya saat mencoba pada cahaya yang rendah gambar tampak sedikit pecah, tampaknya harus menggunakan fitur untuk mengatur pencahayaan. Menariknya ponsel ini juga dilengkapi dengan fitur 'Fun Video' di mana pengguna bisa mengedit langsung video pada smartphone tanpa aplikasi pihak ketiga.

Lebih lanjut, Vivo tampaknya masih mengadopsi kamera selfie yang 'mempercantik wajah'. Pada saat menggunakan kamera depan wajah tampak lebih cerah dan halus. Selain itu, kamera selfie 32MP Vivo S1 juga dilengkapi dengan AI Beauty yang mampu mengatur tone wajah bahkan memancungkan hidung.

 Jajal Vivo S1 untuk Fotografi hingga Bermain Game

Performa

Ponsel ini dilengkapi dengan konfigurasi prosesor dan memori yang cukup baik, yakni prosesor MediaTek Helio P65, RAM 4GB, dan memori internal 128GB. Okezone pun mencoba untuk menguji performa dengan menjalankan aplikasi Benchmark AnTuTu, di mana ponsel mendapatkan skor 146.274.

Dengan angka tersebut ponsel berada dalam urutan ke-43 yang berada di bawah Vivo V15 dan Oppo F11. Sementara itu, skor tersebut berada di atas smartphone Galaxy A50 dan Redmi Note 7.

 Jajal Vivo S1 untuk Fotografi hingga Bermain Game

Tak hanya itu Okezone juga menjajal ponsel untuk bermain game NBA. Saat bermain game ponsel cukup nyaman untuk genggaman dan memiliki mode game. Tak ada macet saat memainkan game. Ponsel juga memiliki speaker yang jernih.

Dengan kapasitas baterai 4.500 mAh, ponsel juga cukup tahan lama. Saat pemakaian selama seharian untuk game, kamera, YouTube, dan media sosial ponsel berkurang 60 persen. Sayangnya, ponsel ini belum menyematkan Type C dan masih menggunakan micro USB.

 Jajal Vivo S1 untuk Fotografi hingga Bermain Game

Kesimpulan

Vivo S1 cukup menarik untuk pemakaian ringan maupun berat seperti gaming. Ponsel ini juga tampaknya cocok untuk anak muda yang menyukai fotografi karena memiliki fitur kamera yang lengkap. Selain itu juga yang memiliki mobilitas tinggi, karena memiliki baterai yang cukup tahan lama.

Spesifikasi

Layar: 6,38 inci Super AMOLED

Prosesor: MediaTek Helio P65

RAM: 4GB

Memori Internal: 128 GB

Kamera depan: 32 MP AI Selfie

Kamera belakang: Kamera utama 16MP, Ultra Wide Angle 8MP, depth sensor 5MP

Sistem Operasi: Android 9.0

Baterai: 4.500 mAh

Warna: Cosmic Green dan Skyline Blue

Fitur: Touch ID, Always On Display, dan Ultra Game Mode

Harga: Rp3,599 juta

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini