Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Peringati Hari Anak Nasional, Ini 5 Layanan Google yang Ramah Anak-Anak

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Selasa 23 Juli 2019 17:03 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 07 23 207 2082576 peringati-hari-anak-nasional-ini-5-layanan-google-yang-ramah-anak-anak-uJmKrT5dEJ.jpg Google Doodle Peringati Hari Anak Nasional (Foto: Google)

JAKARTA- Hari Anak Nasional jatuh pada hari ini, (23/7/2019). Anak-anak di jaman sekarang ini sudah semakin dekat dengan teknologi sejak kecil. Bahkan mereka bisa belajar banyak hal dari gadget dan internet mereka. Meskipun demikian, pengawasan dari orang tua juga diperlukan.

Pasalnya konten di internet juga rentan dengan hal negatif. Google pun memberikan beberapa tips dan trik kepada orang tua dan anak untuk mengomptimalkan internet dengan beberapa layanan google, berikut ulasannya:

1. Google Translate

Beberapa layanan Google untuk anak-anak

Google Translate bisa menjadi tempat bagi anak-anak untuk belajar ratusan bahasa baru. Saat ini terdapat 103 bahasa pada layanan milik Google tersebut. Kemudian dengan fitur-fitur seperti World Lens sampai percakapan bilingual, Google Translate membantu orang melihat dunia dalam berbagai bahasa dan memungkinkan mereka saling berkomunikasi meski menggunakan bahasa yang berbeda.

Baca Juga: Google Bikin Layanan Jejaring Sosial Baru, Saingi Facebook?

2. Google Arts dan Culture

Dengan fitur augmented reality pada layanan ini, Anda dapat menjelajahi galeri virtual atau melihat karya seni berukuran nyata kapan saja dan di mana saja. Buka bagian Indonesia untuk melihat kekayaan budaya terbaik dari Indonesia. Dari monumen kuno hingga seni kontemporer, dapatkan inspirasi dari keindahan negara kita yang mengagumkan.

3. YouTube Kids

 Beberapa layanan Google untuk anak-anak

Google juga menghadirkan layanan YouTube yang ramah anak yakni YouTube Kids. Dalam layanan ini juga pengguna bisa mengakses cerita rakyat Indonesia dengan inisiatif Dongeng.

Baca Juga: Google Siapkan Fitur Tombol Play untuk Chrome

4. Google Asisten

 Beberapa layanan Google untuk anak-anak

Google Asisten memiliki berbagai aktivitas untuk menghibur semua anggota keluarga, dari permainan untuk bersantai bersama di malam hari hingga trivia. Cukup dengan mengucapkan “Ok Google, suara hewan” atau “fakta menarik”. Saat ini ada lebih dari 50 permainan, aktivitas, dan cerita dalam program Assistant for Families. Setiap aktivitas ini telah diperiksa dan disetujui oleh tim Trust and Safety kami, sehingga dapat dipastikan ramah keluarga.

5. Family Link Google

Aplikasi Family Link Google menyediakan berbagai cara untuk membantu anak membuat pilihan cerdas, yaitu dengan memungkinkan orang tua mengizinkan atau memblokir aplikasi yang dapat diunduh anak di Google Play Store, menetapkan batas waktu online harian, dan mengunci perangkat anak dari jarak jauh saat anak harus belajar atau tidur.

Baca Juga: Fitur Baru Google Maps Bisa Prediksi Kepadatan Penumpang Bus dan Kereta

1
5

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini