BTP Bikin Aplikasi 'Jangkau', Meluncur Awal Agustus 2019

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Selasa 23 Juli 2019 20:00 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 07 23 207 2082706 btp-bikin-aplikasi-jangkau-meluncur-awal-agustus-2019-27MEXhSb8O.jpg Basuki Tjahaja Purnama (Foto: Dok. Okezone)

JAKARTA- Mantan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama yang akrab disapa BTP mengungkapkan rencananya untuk membuat aplikasi 'Jangkau'. Aplikasi tersebut menurut BTP merupakan aplikasi yang ditujukan untuk orang kekurangan dan membutuhkan.

Rencana ini, BTP ungkapkan dalam video di channel Youtube milkinya sendiri. Saat itu BTP tengah memberikan sambutan saat menerima Roosseno Award 2019 yang diupload pada 23 Juli 2019.

Menurut BTP, ide membuat aplikasi ini hadir saat dirinya menjadi tahanan di Mako Brimob. BTP berpikir bagaimana caranya menolong orang-orang membutuhkan setelah dirinya keluar dari tahanan dan kembali bekerja.

"Saya sudah menyiapkan aplikasi 'Jangkau', saya bukan promosi. Saya di dalam tahanan berpikir jika orang miskin yang membutuhkan saya lalu meminta uang kepada saya, meminta kursi roda, meminta ijazahnya ditebus. Kalau saya bekerja lagi bagimana saya menolong orang begitu banyak. Jadi, muncullah ide untuk membuat aplikasi seperti Tokopedia atau Blibli.com," ungkap BTP dalam video di YouTube, Selasa (23/7/2019).

BTP Bikin Aplikasi Jangkau

Baca Juga: Aplikasi Ini Sajikan Resep Opor Ayam untuk Hidangan saat Lebaran

Dia menyebutkan jika cara kerjanya seperti e-commerce, di mana penjual dan pembeli akan bertemu. Perbedaannya, tak ada transaksi jual beli, namun adanya pihak penyumbang dan yang akan disumbang.

"Misalnya ada orang butuh kursi roda di wilayah Kedoya Jakarta Barat, dia masuk. Yang nyumbang kan sudah terdaftar. Saya ingin ada notifikasi ke dia," ungkap dia.

Lebih lanjut BTP juga mengungkapkan untuk verifikasinya diharapkan dari pihak politik atau DPR menjadi pemerhati. Aplikasi jangkau dikabarkan akan dirilis pada 1 Agustus 2019 di Android dan iOS.

Baca Juga: Hi App, Aplikasi Pengganti WhatsApp Bisa Diunduh di Android & iPhone

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini