Aplikasi Ini Sambungkan Para Pencari Bantuan dengan Donatur

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Rabu 24 Juli 2019 10:53 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 07 24 207 2082882 aplikasi-ini-sambungkan-para-pencari-bantuan-dengan-donatur-qyeJWtVS2v.jpg (Foto: Reuters Blogs)

JAKARTA - Manusia saat ini semakin dimudahkan dengan teknologi belum lagi hadirnya aplikasi di smartphone yang menunjang kebutuhan. Dari mulai untuk komunikasi, hiburan, bekerja, hingga aplikasi untuk bersosial. Belum lama ini mantan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama yang akrab disapa BTP membuat aplikasi untuk membantu rakyat kecil dan yang membutuhkan.

Aplikasi milik BTP yang dinamakan 'Jangkau' ini terinspirasi dari aplikasi e-commerce semacam Tokopedia dan Blibli.com. Bedanya, Jangkau bukan untuk jual beli sebuah produk atau untuk berbelanja online. Nantinya Jangkau, akan menjadi aplikasi yang mempertemukan penyumbang dengan orang-orang yang membutuhkan.

BTP mencontohkan, "Misalnya ada orang butuh kursi roda di wilayah Kedoya Jakarta Barat, dia masuk. Yang nyumbang kan sudah terdaftar. Saya ingin ada notifikasi ke dia".

 Aplikasi milik BTP yang dinamakan 'Jangkau' ini terinspirasi dari aplikasi e-commerce semacam Tokopedia dan Blibli.com.

Jadi lebih tepatnya, Jangkau merupakan aplikasi dengan tema sosial yang mampu menjadi wadah bagi orang yang memiliki barang-barang masih bagus untuk disumbangkan kepada yang membutuhkan. Tentunya BTP juga menyebutkan jika persetujuan dalam aplikasi juga melalui verifikasi.

Menurut BTP, ide membuat aplikasi ini hadir saat dirinya berada di tahanan Mako Brimob. Ia berpikir bagaimana caranya menolong orang-orang membutuhkan setelah dirinya keluar dari tahanan dan kembali bekerja.

Aplikasi Jangkau kabarnya akan dirilis pada 1 Agustus 2019 dan tersedia di Android dan iOS.

Baca juga: BTP Bikin Aplikasi 'Jangkau', Meluncur Awal Agustus 2019

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini