Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sediakan Akses Internet, Project Loon Capai 1 Juta Jam Terbang

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Rabu 24 Juli 2019 13:37 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 07 24 207 2082968 sediakan-akses-internet-project-loon-capai-1-juta-jam-terbang-OB5nCIf9pF.jpg (Foto: Google X)

JAKARTA - Project Loon menghadirkan sebuah balon besar yang mendukung penyebaran akses internet ke wilayah terpencil. Proyek ini memungkinkan penyediaan akses internet ke wilayah-wilayah yang sulit dijangkau.

Project Loon beroperasi di bawah Loon LLC, yang merupakan anak perusahaan dari Alphabet. Perusahaan mengumumkan bahwa balon udara besar ini telah mencapai 1 juta jam melayang di angkasa.

Dilansir Cnet, Rabu (24/7/2019), pencapaian 1 juta jam ini setara dengan 40 juta kilometer dari jarak yang berhasil ditempuh. Balon ini bisa bergerak di angkasa di ketinggian 50.000 kaki hingga 70.000 kaki dan didukung pompa bertenaga surya.

Perangkat lunak otomasi mengumpulkan data perkiraan angin, membuat peta tempat untuk bepergian dan kemudian memproses pengamatan setiap balon. Perubahan dapat dilakukan untuk mengikuti peta.

Perangkat lunak inilah yang mengarahkan pergerakan balon Project Loon, bukan tim insinyur 24/7 yang memantau mereka, kata kepala Teknik Salvatore Candido.

 Project Loon menghadirkan sebuah balon besar yang mendukung penyebaran akses internet ke wilayah terpencil.

Baca juga: Foto Kucing di Balik Kamera Redmi 64MP

Menurut Candido, pertama kali dia melihat balon memutuskan untuk 'zig' di mana manusia akan memilih untuk 'zag'. Ia harus "menatap sejenak pada strategi yang coba dieksekusi algoritma" sebelum menyadari dia telah dikalahkan oleh perangkat lunak.

"Balon pertama yang diizinkan untuk mengeksekusi teknik ini sepenuhnya menetapkan rekor waktu penerbangan dari Puerto Riko ke Peru," kata Candido.

Balon juga memilih kapan untuk mondar-mandir di suatu daerah untuk menunggu angin berubah, dan terbang dalam pola angka 8 untuk mempertahankan sinyal LTE yang konstan di suatu daerah untuk periode yang lebih lama.

Baca juga: Inikah Wujud 3 iPhone 11 yang Bakal Dirilis September?

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini