Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Upload Foto di Aplikasi FaceApp Aman, tapi..

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Rabu 24 Juli 2019 16:30 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 07 24 207 2083081 upload-foto-di-aplikasi-faceapp-aman-tapi-74Qk5YEFgb.jpg (Foto: FaceApp)

JAKARTA - FaceApp menjadi aplikasi yang viral beberapa waktu belakangan ini. Banyak orang penasaran ingin melihat seperti apa wajah mereka ketika muda atau ketika berusia tua.

Rasa penasaran ini yang coba diberikan solusinya oleh penyedia layanan, FaceApp. Menurut pakar telematika Abimanyu Wachjoewidajat, aplikasi ini bisa memenuhi keinginan masyarakat.

"Bagaimana mereka ingin tahu kalau mudanya seperti apa, tuanya seperti apa," kata Abimanyu yang akrab disapa Abah di sebuah Stasiun TV di Jakarta.

Terkait kekhawatiran apakah data pengguna bisa diambil secara diam-diam atau disalahgunakan, Abah menyampaikan bahwa berdasarkan pengujian, aplikasi FaceApp bisa dikatakan aman.

"Itu perhatikan tidak pernah adanya kita mesti login dan memberikan data itu, dan aplikasi sudah saya uji," terangnya.

Ia mengungkapkan, pengujian dilakukan apakah ada aktivitas mengambil data secara diam-diam. Apabila foto pengguna di galeri ponsel di-upload ke server perusahaan, tentunya akan terlihat bahwa ada trafik yang tinggi di aplikasi ini. Berdasarkan pengujian, tidak ditemukan aktivitas yang mencurigakan.

"Komputer melakukan sesuatu, karena dia mengerti cara melakukannya, dan dia diperintah untuk melakukannya dan diizinkan. Tiga hal tersebut yang namanya memerintah, bisa secara lokal bisa secara remote," jelas Abah.

Menurutnya, hal yang perlu diperhatikan dari fenomena FaceApp ialah seseorang tidak sembarangan mengambil wajah orang lain tanpa izin. Sehingga, izin diperlukan sebelum foto tersebut diunggah via aplikasi FaceApp.

 FaceApp yang kini populer menjamin bahwa foto-foto yang disunting melalui aplikasi tersebut aman.

Baca juga: Inikah Wujud 3 iPhone 11 yang Bakal Dirilis September?

Pengguna juga tidak perlu iseng mengunggah keseluruhan tubuh, karena yang diperlukan hanya bagian wajah, yang akan diubah menjadi tampak lebih muda atau tua.

"Gunakan gadget untuk sesuatu yang wajar,karena kehidupan dia adalah di dunia nyata bukan di dunia maya," tuturnya.

Bila seseorang khawatir fotonya akan dicuri oleh orang lain, digunakan untuk tujuan yang tidak benar, maka ia bisa menyimpannya di hardisk dan tidak dihubungkan ke internet.

"Jangan menyimpan foto-foto orang lain, dalam arti konteksnya untuk sesuatu kebutuhan yang enggak jelas, kemudian apalagi nanti bisa disalahgunakan sama orang lain lagi," tuturnya.

Ia juga mengatakan untuk tidak iseng mengubah-ubah foto orang, bahkan apabila yang diubah ialah foto tokoh dunia. Kalaupun dilakukan berikan keterangan bukan untuk tujuan faking dan seyogianya seseorang tidak terlalu menghabiskan waktu untuk hal ini.

 FaceApp yang kini populer menjamin bahwa foto-foto yang disunting melalui aplikasi tersebut aman.

Baca juga: Samsung Galaxy Watch Active 2 Usung Fitur Bezel Sentuh

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini