Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kominfo Pastikan Dua Unicorn Tak Jadi Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umroh

Kamis 25 Juli 2019 11:04 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 07 25 207 2083353 kominfo-pastikan-dua-unicorn-tak-jadi-penyelenggara-perjalanan-ibadah-umroh-00EoSvz4lj.jpg ilustrasi unicorn

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara memastikan jika dua Unicorn di Indonesia, Traveloka dan Tokopedia tak bakal menjadi Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umroh (PPIH).

Pernyataan tersebut disampaikan berkaitan dengan kerja sama yang digagas Pemerintah Arab Saudi-Indonesia ihwal pengembangan Digital Umrah Experience.

Baca Juga : Menkominfo : Tilang Elektronik Sebaiknya Manfaatkan IoT

Menteri Rudiantara mengatakan, kedua unicorn tersebut hanya menyediakan platform. Dengan kata lain, membuat sistem yang mempermudah prosesnya sehingga lebih efektif dan efisien.

"Jadi, Traveloka serta Tokopedia tidak akan menjadi penyelenggara umroh seperti yang kita tahu sekarang. Mereka hanya platform. Mereka tidak menjadi penyelenggara umroh, udah itu aja,” jelasnya di Jakarta superit dikutip dari laman Kominfo, Kakis (25/7/2019).

Baca Juga : Tak Gubris Panggilan, Kimi Hime Dapat Deadline 1 Minggu Datangi Kominfo

Menurut Rudiantara, dalam kerja sama tersebut, baik Traveloka maupun Tokopedia akan menggandeng perusahaan dari Arab Saudi. "Ya (kerja sama) dengan Wadi Mecca (Makkah)," tegasnya.

Sekalipun demikian, Menteri Rudiantara membuka peluang bagi anak-anak muda Indonesia untuk mengembangkan aplikasi terkait bisnis umroh ini.

Baca Juga : Tiga Lapis Tindakan, Cara Kominfo Tangani Penyebaran Hoaks

“Ada anak muda yang juga bikin bisnis umroh, tapi pakai aplikasi juga. Sudah saya temui. Dari situ saya gatokan (kerjasama) dengan Tokopedia agar menjadi bagian dari ekosistem yang besar. Jadi bisa saling memberdayakan," pungkasnya.

Baca Juga : Regulasi Game dan Esports Masih Digodok Lintas Kementerian

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini