Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kominfo Imbau Youtuber Agar Jangan Bikin Konten Vulgar

Kamis 25 Juli 2019 14:21 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 07 25 207 2083451 kominfo-imbau-youtuber-agar-jangan-bikin-konten-vulgar-pzPJQ6FCmh.jpg Kimi Hime, salah satu Youtuber yang ditegur Kominfo karena konten yang vulgar / Foto : Youtube

JAKARTA - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengimbau para pembuat konten YouTube atau YouTuber memperhatikan judul kontennya (red: agar tidak vulgar). Demikian disampaikan Plt Kepala Biro Humas Setjen Kementerian Kominfo Ferdinandus Setu setelah kominfo memblokir konten dari YouTuber Kimi Hime.

Konten Kimi Hime dalam hal ini dinilai mengarah pada hal-hal yang tidak sesuai dengan nilai kesusilaan. thumbnail dan judul yang sensaional dan mengarah pada kontek kesusilaan. Menurut Kominfo ini berdampak buruk pada anak-anak, pasalnya konten Kimi Himi juga tidak memiliki batasan usia.

Baca Juga : Sambil Menangis, Kimi Hime Adukan Nasibnya pada Presiden Jokowi

"Kita berharap mereka (YouTuber) jangan mengejar clickbait, hanya berdasarkan konten-konten yang sensasional. Jika kita lihat Kimi Hime tidak telanjang bulat sama sekali, tapi gerakan-gerakannya, thumbnailnya, dan judul postingannya mengandung muatan yang melanggar nilai kesusilaan," ungkap Setu dalam konferensi pers di Jakarta, pada 24 Juli 2019.

Baca Juga : Kominfo Tunggu Kimi Hime Jelaskan Soal Konten YouTube Miliknya

Setu juga berharap agar Kimi Hime dan YouTuber lain melalukan self blocking atau kalau perlu menghapus sendiri kontennya kalau kurang pantas.

"Konten-Konten yang dia rasa memenuhi, mengandung unsur melanggar kesusilaan. Jadi kami berharap konten kreator di Indonesia melakukan self blocking atau melakukan pemblokiran sendiri agar tidak dilakukan oleh kami. Jadi silahkan membuat konten apa pun, tapi tetap memenuhi norma dan regulasi yang ada di Indonesia," kata Ferdinandus.

Setu juga mengatakan agar para YouTuber seharusnya melakukan pembatasan umur secara langsung. Sementara, konten video Kimi Hime saat ini seluruhnya terbuka, tidak ada batas umur. 

Baca Juga : Blokir Tiga Konten YouTube Kimi Hime, Ini Alasan Kominfo

"Akhirnya kami minta ke pihak Google untuk membuat penbatasan umur. Ada 6 konten yang kami nyatakan kepada Google itu dibatasi. Kemudian kepada Kimi Hime, yang kami lakukan adalah mengirimkan surat resmi melalui email. Email yang dipajang di Youtube nya dia. Selain mengirim email, kami sudah mengirimkan sejak beberapa hari lalu sampai kemarin dan hari ini kita sampaikan melalui DM Instagram tapi tidak ada tanggapan untuk memberikan perhatian serius terhadap pernyataan atau permintaan kominfo untuk menghapus konten-konten yang kami minta," kata Setu.

Menurut Setu, Kominfo berharap Kimi Hime memenuhi panggilan dalam waktu 1 minggu untuk menjelaskan hal-hal terkait konten miliknya.

Baca Juga : Tak Gubris Panggilan, Kimi Hime Dapat Deadline 1 Minggu Datangi Kominfo

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini