Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Alibaba Rilis Prosesor Xuan Tie 910 untuk IoT dan Aplikasi AI

Minggu 28 Juli 2019 15:33 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 07 28 207 2084613 alibaba-rilis-prosesor-xuan-tie-910-untuk-iot-dan-aplikasi-ai-Amy05wDr8V.jpg (Foto: Engadget)

JAKARTA - Alibaba, raksasa e-commerce asal China mengembangkan chip buatan sendiri. Perusahaan yang didirikan oleh Jack Ma ini bergabung dengan deretan perusahaan ternama China seperti Huawei Technologies yang menciptakan alternatif untuk software dan hardware.

Seperti dikutip Solopos, Alibaba pada Kamis (25/7/2019) meluncurkan prosesor Xuan Tie 910 berbasis open-source design bernama RISC-V. Ini bersaing dengan standar global yang dikembangkan ARM milik SoftBank Group Corp.

Prosesor baru ini mendukung perangkat-perangkat yang terhubung dan beberapa aplikasi kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI).

Xuan Tie adalah produk utuh pertama dari anak perusahaan pembuat chip Alibaba yang didirikan tahun lalu. Dipimpin oleh unit T-head atau Ping-Tou-Ge, langkah ini merupakan bagian dari ekspansi perusahaan ke dalam kecerdasan buatan dan pengembangan teknologi penting untuk Internet of Things (IoT).

Jika bisnis chip-nya berhasil, perusahaan dapat membuat aliran pendapatan baru dan mendorong divisi layanan cloud-nya yang sedang berkembang.

Alibaba Rilis Prosesor Xuan Tie 910 untuk IoT dan Aplikasi AI

Chip baru ini dapat menandai bisnis lisensi untuk Alibaba, yang akan membuat beberapa alat perangkat lunaknya tersedia untuk umum meskipun mengenakan biaya untuk memperoleh fitur lengkap.

“Perang dagang juga telah memperkuat tekad China untuk menjadi lebih mandiri dalam hal teknologi,” jelas analis Sanford C. Bernstein, Mark Li, dikutip dari Bloomberg.

“Dukungan Alibaba terhadap RISC-V dapat mengancam bisnis perusahaan-perusahaan properti intelektual chip yang ada,” tambahnya.

Langkah Alibaba mengikuti sejumlah perusahaan China yang secara kolektif bertujuan mengurangi ketergantungan Negeri Presiden Xi Jinping ini pada chip-chip asing, apalagi pascapembatasan penjualan yang dilancarkan pemerintah Amerika Serikat terhadap Huawei.

Baca juga: Beredar Foto-Foto Ponsel Lipat Huawei Mate X, Segera Rilis?

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini