Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Momen Pesawat Hayabusa2 Ciduk Sampel Asteroid Ryuga

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Senin 29 Juli 2019 14:05 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 07 29 56 2084919 momen-pesawat-hayabusa2-ciduk-sampel-asteroid-ryuga-KEyQpzT8vR.jpg (Foto: JAXA)

JAKARTA - Pada 10 Juli, pesawat luar angkasa Hayabusa2 menyentuh asteroid Ryuga untuk mengumpulkan sampel. Kini, Japan Aerospace Exploration Agency (JAXA) merilis rekaman video detik-detik Hayabusa2 mengambil sampel asteroid tersebut.

Hayabusa2 telah mengejar Ryuga, asteroid berbentuk berlian yang melayang di dekat Bumi selama lebih dari setahun sebelum menembakkan peluru literal padanya. Peluru ditembakan untuk mengusir batu di daerah yang lebih dalam dari asteroid.

Kemudian, pendarat melompat ke permukaan untuk mengumpulkan sampel untuk dipelajari. Mendarat di asteroid bukanlah tugas yang mudah, dan menyaksikan touchdown seperti yang terekam dalam video adalah sesuatu yang langka.

Hayabusa2 belum selesai. Rencananya tim akan mengirim pendarat lain ke asteroid, bersama ROVER-2, robot kecil dan ringan yang dilengkapi dengan termometer dan kamera. Setelah pendarat dikerahkan, Hayabusa2 akan mulai kembali ke Bumi.

Baca juga: 3 Smartphone Terbaru yang Dibanderol Harga Rp3 Jutaan

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini