Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

BPPT: SDM Berbasis Iptek Jadi Pilar Pembangunan Nasional

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Selasa 30 Juli 2019 16:05 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 07 30 56 2085449 bppt-sdm-berbasis-iptek-jadi-pilar-pembangunan-nasional-GVbWUFsS9b.jpg (Foto: Ist/BPPT)

JAKARTA - Kepala Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Hammam Riza mengungkap bahwa Indonesia saat ini akan memiliki bonus demografi seperti layaknya Jepang saat masih menjadi negara menengah. 

Melalui keterangan resmi yang diterima Okezone, dengan kondisi bonus demografi ini, maka perlu ditopang dengan pengembangan sumber daya manusia (SDM) di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek), sebagai pilar utama pembangunan nasional. 

"Bonus demografi ini adalah suatu kondisi di mana jumlah penduduk atau SDM dengan usia produktif, berjumlah banyak. SDM berbasis Iptek inilah yang akan menjadi pilar dari pembangunan nasional," kata Hammam di kediaman BJ Habibie, Patra Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (29/7/2019).

Pada kesempatan Silaturahim dan Diskusi bersama Prof. BJ Habibie, Hammam menyebut bahwa pembangunan SDM ini sesuai dengan pernyataan Presiden RI Joko Widodo, dalam pidato Visi Indonesia, di mana Presiden menuturkan bahwa akan memberikan prioritas pada pembangunan sumber daya manusia, karena pembangunan sumberdaya manusia menjadi kunci pembangunan Indonesia ke depan.  

Lebih lanjut ditegaskan oleh Presiden RI ke tiga BJ Habibie bahwa kualitas SDM harus ditingkatkan. Hal ini menurutnya dapat dicapai apabila bangsa Indonesia menguasai kebutuhan dalam negeri secara mandiri. 

 Kepala Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Hammam Riza mengungkap bahwa Indonesia saat ini akan memiliki bonus demografi.

Di depan puluhan peserta Pelatihan Kepemimpinan Nasional Tk.I Angkatan XLII Tahun 2019 ini Habibie juga berpesan agar pembangunan di Indonesia juga harus berfokus pada pengembangan sumber daya manusia (SDM).

"Harus fokus pada kebijakan strategis. Pemerataan terhadap seluruh pembangunan di Bumi Indonesia, agar mengarah pada menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas," kata BJ Habibie di Perpustakaan Habibie-Ainun, Patra Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (29/7/2019).

Pada kesempatan ini, Prof BJ Habibie pun kepada para calon pemimpin untuk membuat kebijakan yang berani. Sehingga perekonomian Indonesia ke depannya tidak bergantung pada sumber daya alam mentah, melainkan produk inovasi karya Indonesia sendiri.

"Kita harus terus berkarya dalam era pembangunan ini, harus berani membuat kebijakan yang inovatif agar dapat menguasai kebutuhan dalam negeri secara mandiri," tegasnya.

Baca juga: Teknologi Google AI Cegah Penebangan Pohon Ilegal

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini