Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tak Perlu Ngetik, Update Status Facebook Bisa Melalui Pikiran?

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Rabu 31 Juli 2019 16:43 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 07 31 207 2085976 tak-perlu-ngetik-update-status-facebook-bisa-melalui-pikiran-Ru5jfoBC7M.jpg (Foto: Thenextweb)

JAKARTA - Pada konferensi developer di 2017, Facebook mengumumkan rencana untuk mengembangkan sebuah brain-computer interface (BCI). Teknologi ini memungkinkan pengguna mengetik dengan pikiran.

Sekarang, para peneliti dari University of California, San Francisco (UCSF) yang bekerja di bawah program ini telah memposting sebuah penelitian. Terungkap bahwa algoritma mereka mampu mendeteksi kata-kata yang diucapkan dari aktivitas otak secara real-time, seperti dikutip Thenextweb.

Tim menghubungkan susunan elektrokortikografi kepadatan tinggi (ECoG) ke tiga otak pasien epilepsi untuk merekam aktivitas otak. Pasien ditanya pertanyaan sederhana dan meminta mereka menjawab dengan keras.

Peneliti mengatakan algoritma mencatat aktivitas otak saat pasien berbicara. Mereka mencatat model memecahkan kata-kata ini dengan akurasi setinggi 76 persen.

Facebook tidak mengharapkan sistem ini akan tersedia dalam waktu dekat, tetapi itu bisa segera membuat interaksi dengan perangkat keras AR dan VR.

"Kami tidak mengharapkan sistem ini untuk menyelesaikan masalah input untuk AR dalam waktu dekat. Saat ini besar, lambat, dan tidak dapat diandalkan," kata perusahaan.

Meskipun belum sempurna, pencapaian saat dinilai signifikan. Sehingga, perusahaan bisa meningkatkan teknologi canggih ini dari waktu ke waktu.

Menarik untuk diperhatikan apabila teknologi ini mampu digunakan untuk mengenali perintah 'home', 'select' dan 'delete'. Ini akan memberikan cara yang sepenuhnya baru, khususnya untuk dipakai dalam sistem VR saat ini dan kacamata AR.

Awal bulan ini, Neuralink dari Elon Musk juga mengumumkan proyek yang akan memungkinkan Anda mengontrol iPhone Anda melalui perangkat yang terpasang di otak.

 Pada konferensi developer di 2017, Facebook mengumumkan rencana untuk mengembangkan sebuah brain-computer interface (BCI).

Baca juga: Fenomena Langka 'Bulan Hitam' Bakal Terjadi Pekan Ini

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini