Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jual Beli Data NIK dan KK, Pengamat: Ini Sudah Berlangsung Bertahun-tahun

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Rabu 31 Juli 2019 17:42 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 07 31 207 2086002 jual-beli-data-nik-dan-kk-pengamat-ini-sudah-berlangsung-bertahun-tahun-NkMsYWzfYw.jpeg (Foto: HuffPost)

JAKARTA - Seorang netizen dengan akun Twitter @hendralm telah mengungkap temuan jual beli data Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Kartu Keluarga (KK) di media sosial Facebook. Posting-an @hendralm sempat ramai dan di-retweet hingga puluhan ribu kali.

Menurut Koordinator Regional SAFEnet dan Pengamat Media Sosial, Damar Juniarto, kasus jual beli data NIK dan KK ini sudah terjadi selama bertahun-tahun. "Situasi ini setahu saya sudah berlangsung bertahun-tahun," ujarnya kepada Okezone melalui pesan singkat, Rabu (31/7/2019).

Ia mengatakan, ada sindikat atau organized crime yang mengumpulkan data pribadi banyak warga, kemudian data pribadi ini disalahgunakan untuk kepentingan memperkaya diri.

"Sindikat ini tentu bekerja demikian rapi, banyak yang memakai modus sebagai pembeli yang kemudian menghubungi orang-orang untuk meminta foto dan selfie diri dengan KTP atau misalnya menawarkan tiket murah, tetapi meminta orang yang tergiur untuk mengirimkan NIK, KK, dan lain-lain," jelasnya.

Seperti diketahui, posting-an @hendralm mengungkap jual beli data NIK dan KK. Bahkan, ada pihak yang memiliki sampai jutaan data pribadi.

Ia juga memperlihatkan tangkapan layar atau screenshot yang menunjukkan percakapan tanya jawab yang terjadi di media sosial Facebook. Dalam percakapan di kolom komentar tersebut, tampak terjadi penawaran dari koleksi data pribadi.

Tidak hanya itu, @hendralm juga mengungkap bahwa ada yang memiliki data NIK KTP + KK sekecamatan dan mempergunakan data orang untuk daftar layanan Pay Later.

"Gila ya data orang buat daftar paylater. Enak banget belanja kredit pake data orang lain," ujarnya.

Kasus jual beli data NIK dan KK ini sudah terjadi selama bertahun-tahun.

Baca juga: Netizen Ungkap Jual Beli Jutaan Data NIK & KK di Media Sosial

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini