Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Terungkap Bermacam Modus Pelaku Curi Data Pribadi NIK dan KK

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Kamis 01 Agustus 2019 17:47 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 08 01 207 2086510 terungkap-bermacam-modus-pelaku-curi-data-pribadi-nik-dan-kk-oUbmlCHLMa.jpg (Foto: Reuters)

JAKARTA - Seorang warganet bernama Christian Samuel Hendrawan atau @hendralm mengungkapkan transaksi jual beli data pribadi secara ilegal di Twitter miliknya.

Postingan tersebut pun langsung viral di mana ia menyebutkan bahwa ada yang memperjualbelikan data Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Kartu Keluarga (KK).

Pria yang akrab disapa Hendra tersebut sebelumnya menemukan kasus tersebut setelah bergabung dengan grup di mana temannya ditipu dengan modus tiket murah.

Hendra pun menyebutkan beberapa modus lain yang digunakan oleh beberapa oknum.

"Pertama mereka itu mengirim data spam SMS, mereka menawarkan pinjaman online tanpa jaminan. Itu semua boongan dan data kita dipakai," kata dia dalam konferensi pers di Jakarta, Kamis (1/8/2019).

Lebih lanjut dia juga menyebutkan jika modus pencurian data pribadi juga terjadi saat belanja online seperti di Olx atau Carousell. Menurut Hendra, oknum berpura-pura menjadi pembeli dan modus bertukar data untuk saling percaya.

Tak hanya itu dia juga menyebutkan oknum juga berpura-pura menawarkan lowongan pekerjaan di salah satu e-commerce dan mengirimkan link Google yang meminta KTP Selfie.

Parahnya, oknum juga kerap membawa nama pemerintah dengan pergi ke kampung-kampung membawa sembako dan kemudian meminta foto NIK dan KK.

 Kasus jual beli data NIK dan KK ini sudah terjadi selama bertahun-tahun.

Baca juga: Netizen Ungkap Jual Beli Jutaan Data NIK & KK di Media Sosial

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini