Temuan Planet 'Super-Earth' Berjarak 31 Tahun Cahaya, Bisa Dihuni Manusia?

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Kamis 01 Agustus 2019 14:23 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 08 01 56 2086396 temuan-planet-super-earth-berjarak-31-tahun-cahaya-bisa-dihuni-manusia-gP2fAlbQKv.jpg (Foto: SciTechDaily)

JAKARTA - Astronom mengumumkan pada Rabu bahwa mereka menemukan planet yang berpotensi untuk dapat dihuni. Berada di luar sistem tata surya, namun planet tersebut dinilai 'dekat'.

Dilansir Nbcnews, Kamis (1/8/2019), temuan baru exoplanet ini dinamakan super-Earth 'GJ 357 d' yang berada di jarak 31 tahun cahaya dari sistem tata surya. Ini sekira enam kali lebih besar dari planet Bumi dan mengorbit di zona layak huni bintang inangnya, di mana air bisa ada dalam bentuk cair di permukaan.

Tidak ada bukti pada titik ini bahwa kehidupan ada di planet ekstrasurya. Hanya saja kondisi di sana dapat mendukung kehidupan seperti yang manusia ketahui saat ini.

"Jaraknya dari bintang yang tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin," kata Lisa Kaltenegger, seorang profesor astronomi dan direktur Carl Sagan Institute di Cornell University di Ithaca, New York.

Temuan itu, yang diterbitkan dalam jurnal Astronomi & Astrofisika, dipresentasikan Rabu di sebuah konferensi planet ekstrasurya di Cambridge, Massachusetts.

Baca juga: Fenomena Langka 'Bulan Hitam' Bakal Terjadi Pekan Ini

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini