Ngeri, Video Ini Perlihatkan Uji Kekuatan Bangunan Anti-gempa

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Selasa 06 Agustus 2019 08:01 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 08 05 56 2088089 ngeri-video-ini-perlihatkan-uji-kekuatan-bangunan-anti-gempa-YLsiaTzXXv.jpg (Foto: YouTube)

JAKARTA - Gempa Bumi menjadi fenomena alam yang terjadi tanpa terprediksi. Fenomena alam ini mungkin menggerakan manusia untuk berpikir bagaimana menciptakan bangunan yang tahan terhadap guncangan atau gempa.

Salah satu perusahaan Simpson Strong-Tie menguji bangunan yang dibuat menggunakan kayu. Bekerjasama dengan para akademisi dan peneliti, mereka menciptakan bangunan anti-gempa.

Proyek yang dinamakan NEES atau Network for Earthquake Engineering Simulation ini merupakan uji coba gempa terbesar di dunia. Kabarnya, Proyek NEES-Wood Capstone memperlihatkan bangunan dengan material kayu yang memiliki tujuh lantai.

Dalam video yang diunggah oleh The Shiny Peanut di YouTube, tampak bangunan tahan gempa yang diguncangkan dengan mesin. Dalam video tampak guncangan yang cukup dahsyat bahkan perabotan dalam rumah bergerak tak beraturan hingga menjatuhkan piring beserta mejanya ke lantai.

Baca juga: Asteroid Raksasa Bakal Dekati Bumi pada 10 Agustus, Berbahayakah?

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini