Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bikin Sekolah Esports, Onic: Butuh Kurikulum hingga Dukungan Pemerintah

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Rabu 07 Agustus 2019 06:01 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 08 06 326 2088605 ingin-bangun-sekolah-esports-di-indonesia-onic-butuh-jangka-panjang-FROpfnX76v.jpg (Foto: Engadget)

JAKARTA - Di tengah berkembangnya industri esports, tim profesional Onic Esports memiliki rencana untuk mendirikan sekolah esport di Indonesia. Jika hal tersebut benar terjadi, maka sekolah formal ini akan menjadi yang pertama di Tanah Air.

Meskipun demikian, Managing Director Onic Esports, Chandra Wijaya mengatakan jika pembangunan sekolah esport ini bukan persoalan yang mudah. Dia menyebut jika ini bisa menjadi rencana jangka panjang hingga 3 sampai 4 tahun ke depan.

"Jika berbicara tentang sekolah profesional itu kan pasti membutuhkan kurikulum yang baik. Kemudian juga membutuhkan jalur-jalur tembusan ke Pemerintah, seperti apa kerjasama dan seperti apa ke pemerintahannya. Jadi memang, kalau kita mau bikin tempat edukasi yang benar jadinya bukan hanya seperti kelas kursus saja, tapi lebih punya kurikulum dan masa depan yang jelas. Ini memang membutuhkan jangka panjang semuanya," kata Chandra usai ditemui dalam Press Conference di Jakarta, Selasa (6/8/2019).

 Onic Esports memiliki rencana untuk mendirikan sekolah esport di Indonesia.

Baca juga: Tidak Sembarangan, Ini Cara Onic Esports Temukan Pemain Esports Profesional

Lebih lanjut, Chandra juga mengatakan jika ini memang telah menjadi visi Onic Esports untuk memajukan industri esports dan memberikan dampak yang lebih baik lagi. Selain itu dia juga mengungkapkan jika rencana ini juga melihat pemerintah yang saat ini juga mendukung industri gaming.

"Dukungan pemerintah sekarang ini sangat tinggi, jadi kita ingin melihat secara industri bisa moving (bergerak) ke arah sana. Jadi bisa membuat esport ini bukan sekedar hobi saja, tapi bisa jadi masa depan untuk anak muda saat ini," imbuh dia.

Chandra juga mengatakan jika saat ini rencana pembangunan sekolah tersebut masih tahap membangun hubungan dengan beberapa lembaga pemerintahan melalui asosiasi.

 Onic Esports memiliki rencana untuk mendirikan sekolah esport di Indonesia.

Baca juga: Ini Persiapan Onic Esports Hadapi Mobile Legends Pro League Season 4

"Jadi kita lebih aktif tapi belum pushing ini terus, kita pengen liat arahannya pemerintah kalau misalnya seperti ini akan dibawa kemana, karena sepanjang tahun kemarin mulai disebut-sebut soal esport dan Mobile Legends. Akan tetapi kita belum melihat seperti apa road map-nya selama beberapa tahun ke depan itu seperti apa. Dan niat pemerintah setinggi apa dan bentuknya seperti apa, itu yang lagi ingin kita ketahui dan kita dukung, dan kolaborasi dengan pemerintah," kata Chandra.

Dia juga berharap jika industri gaming saat ini mampu membawa nama baik Indonesia ke kancah dunia serta membangun ekonomi Tanah Air semakin lebih baik.

"Karena kan esport tidak hanya berbicara tentang turnamen saja. Akan tetapi juga sisi hiburan dan aspek lainnya di dalam ekosistem ini sendiri. Jadi tak hanya menjadi pro player, akan tetapi juga bisa menjadi caster, penggerak esport, dan menjadi penggerak ekonomi ke depannya," kata dia.

Onic Esport ingin bangun sekolah gamer

Baca Juga: SpaceX Buka Jasa Peluncuran Satelit Kecil, Berapa Tarifnya?
1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini