Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

SpaceX Buka Jasa Peluncuran Satelit Kecil, Berapa Tarifnya?

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Selasa 06 Agustus 2019 14:00 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 08 06 56 2088384 spacex-buka-jasa-peluncuran-satelit-kecil-berapa-tarifnya-nqbq8GRIQz.jpg (Foto: SpaceX)

JAKARTA - SpaceX baru-baru ini mengumumkan program ridesharing baru untuk satelit kecil. Perusahaan mengumumkan jasa peluncuran yang menggunakan roket Falcon 9 ini dengan tarif USD2,25 juta atau sekira Rp32 miliar.

Dilansir Thenextweb, Selasa (6/8/2019), paket dasar ini akan memungkinkan perusahaan memuat muatan hingga 150 kilogram dan meluncurkannya ke orbit sinkron matahari berjarak 500-600 km dari permukaan Bumi.

Perusahaan mengatakan, peluncuran ini akan dijadwalkan dan tidak akan menunggu muatan utama. Ini memberi peluang kepada perusahaan kecil untuk meluncurkan satelitnya tepat waktu tanpa menunggu misi badan antariksa.

 SpaceX baru-baru ini mengumumkan program ridesharing baru untuk satelit kecil.

Baca juga: Ilmuwan Asal Indonesia Raih Medali Emas di Pameran Teknologi Internasional China

Kabarnya, tidak akan ada penundaan peluncuran apabila ada salah satu dari perusahaan atau muatan yang belum siap.

Menurut situs program, peluncuran pertama akan berlangsung kapan saja antara November 2020 dan Maret 2021. Perusahaan belum memberikan perincian tentang seberapa besar muatan yang dapat diangkut ke luar angkasa.

Menurut laporan yang dirilis oleh perusahaan analitik Frost & Sullivan, pendapatan peluncuran satelit kecil akan mencapai lebih dari USD69 miliar pada tahun 2030.

 SpaceX baru-baru ini mengumumkan program ridesharing baru untuk satelit kecil.

Baca juga: Game PUBG Mobile Lite Resmi Hadir untuk Pasar Indonesia

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini