Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kemenperin Perbaiki Situs Cek Nomor IMEI Ponsel, Kini Bisa Diakses

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Rabu 07 Agustus 2019 12:13 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 08 07 207 2088816 kemenperin-perbaiki-situs-cek-nomor-imei-ponsel-kini-bisa-diakses-eqzhhBhkfB.jpg Situs Cek IMEI Kemenperin (Foto: Screenshoot Situs Kemenperin)

JAKARTA - Ponsel black market (BM) saat ini banyak beredar di pasaran. Pemerintah pun mencoba untuk mengurangi peredarannya dengan regulasi IMEI yang akan diterapkan pada 17 Agustus 2019.

Hal tersebut untuk mengurangi peredaran ponsel BM dan memperbaiki industri smartphone agar lebih sehat. Dengan regulasi IMEI ini, maka ponsel BM atau ponsel yang tidak resmi tidak dapat digunakan lagi.

Untuk meninjau apakah ponsel resmi atau tidak, Kementerian Perindustrian (Kemenperin) pun membuat situs 'Cek IMEI' untuk mengecek kebenaran nomor IMEI ponsel Anda. Sebelumnya situs tersebut sempat tidak bisa dibuka, namun saat ini sudah diperbaiki.

Cara mengecek IMEI disitus Kemenperin

Baca Juga: Xiaomi Rilis Ponsel Terbaru Redmi 7A, Intip Spesifikasi dan Harganya

Jika IMEI tidak terdaftar pada database Kemenperin maka ponsel tersebut tidak resmi. Dalam situs tersebut Kemenperin juga menjelaskan beberapa hal pemblokiran ponsel BM yang dibeli sebelum regulasi diterapkan.

Kemenperin mengatakan jika ponsel tak akan langsung diblokir, namun masa pakainya akan ditentukan sesuai undang-undang yang berlaku. Sementara itu, jika Anda membeli ponsel dari luar negeri setelah 17 Agustus 2019, maka bisa tetap dipakai selama importasinya mengikuti ketentuan peraturan undang-undang yang berlaku.

Cara Mengecek IMEI

Ada beberapa cara untuk mengecek IMEI ponsel, cara termudah yakni mengetik *#06# pada ponsel Android. Selain itu IMEI juga dapat ditemukan di kotak ponsel, bodi belakang ponsel, dan pada slot SIM Card.

Baca Juga: Sempat Dilarang Ibu Jadi Gamer Pro, Ini Kisah Psychoo Onic Esports

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini