Ditemukan Kecacatan WhatsApp, Hacker Bisa Ubah Obrolan Pengguna

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Selasa 13 Agustus 2019 11:13 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 08 13 207 2091231 ditemukan-kecacatan-whatsapp-hacker-bisa-ubah-obrolan-pengguna-hFZh5PN95C.jpg (Foto: Google Play)

JAKARTA- Peneliti kembali menemukan kecatatan pada aplikasi WhatsApp. Aplikasi milik Facebook tersebut dikabarkan mampu diretas oleh hacker yang mampu mengubah obrolan Anda.

Hal tersebut cukup mengejutkan, pasalnya WhatsApp dilengkapi dengan enkripsi end-to-end. Dengan teknologi ini seseorang tidak bisa membaca pesan Anda.

Dilansir dari laman Ubergizmo, Selasa (13/8/2019) kerentanan WhatsApp tersebut diungkapkan pada konferensi keamanan Black Hat baru-baru ini yang diadakan di Las Vegas. Hal tersebut telah diungkapkan oleh para peneliti bahwa ada beberapa kelemahan WhatsApp di mana itu akan memungkinkan pesan obrolan diubah.

Artinya seorang hacker dapat mengambil pesan dan mengubah isinya untuk membuatnya tampak seperti pesan yang sama sekali berbeda. Salah satu kelemahan lain yang ditemukan juga memungkinkan peretas untuk mengubah cara pengirim pesan diidentifikasi, yang memungkinkan peretas untuk menyalahartikan pesan sehingga membuatnya seolah-olah itu berasal dari orang lain.

Peretas Mampu Mengubah Obrolan WhatsApp

Baca Juga: WhatsApp Kini Muncul di Toko Aplikasi KaiStore

Hal tersebut juga memungkinkan peretas yang memiliki niat jahat untuk menyebarkan berita palsu dan membuatnya tampak berasal dari sumber yang kredibel. Karena itu, Check Point mengklaim bahwa masalah ini telah diatasi.

Dalam sebuah pernyataan, seorang juru bicara Facebook mengatakan, "Kami dengan cermat meninjau masalah ini setahun yang lalu dan itu salah untuk menyarankan ada kerentanan dengan keamanan yang kami berikan di WhatsApp. Skenario yang dijelaskan di sini hanyalah ponsel yang setara dengan mengubah balasan dalam utas email agar terlihat seperti sesuatu yang tidak ditulis seseorang. Kita harus sadar bahwa mengatasi masalah yang dikemukakan oleh para peneliti ini dapat membuat WhatsApp menjadi kurang pribadi seperti menyimpan informasi tentang asal usul pesan".

Baca Juga: Fitur WhatsApp Dark Mode Rilis September di Android & iOS?

Baca Juga: File WhatsApp dan Telegram Bisa Diretas dan Dimanipulasi untuk Penipuan

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini