Google Bakal Ganti Password dengan Autentikasi Sidik Jari

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Selasa 13 Agustus 2019 17:59 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 08 13 207 2091453 google-bakal-ganti-password-dengan-autentikasi-sidik-jari-efo46hZhpZ.jpg Ilustrasi Sidik Jari (Foto: Mashable Sea)

JAKARTA- Google mengumumkan rencananya untuk menghadirkan fitur baru. Fitur baru tersebut memungkinkan pengguna untuk memverifikasi identitas dengan menggunakan sidik jari atau kunci layar, alih-alih kata sandi saat masuk pada layanan Google tertentu.

Dilansir dari laman Android Authority, Selasa (13/8/2019) fitur tersebut baru tersedia pada ponsel Google Pixel. Kabarnya, fitur juga akan tersedia pada ponsel Android yang menjalankan Android Nougat atau yang terbaru dalam beberapa hari ke depan.

 Google Hadirkan Fitur Autentikasi dengan Sidik Jari

Baca Juga: Google Search Bisa Putar Podcasts dari Hasil Pencarian

Fitur ini juga diklaim aman karena berdasarkan standar FIDO2, W3C WebAuthn, dan FIDO CTAP. Sistem pemukaan kunci sidik jari atau layar Anda mengautentikasi Anda di perangkat dan kemudian berkomunikasi dengan server Google. Ini berarti Google tidak akan melihat sidik jari ataupun kata sandi.

Anda dapat membaca lebih mendalam tentang cara kerja fitur baru ini di blog keamanan Google. Jika Anda menggunakan Kata Sandi Google dan memiliki perangkat Pixel, fitur tersebut akan bekerja untuk Anda saat ini.

Baca Juga: Google dan Huawei Sempat Kerjasama Bikin Speaker Pintar

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini