Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Penggagas Petisi Online Tolak KPI Awasi Netflix dan YouTube Sambangi Kantor KPI di Jakarta

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Rabu 14 Agustus 2019 13:14 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 08 14 207 2091742 penggagas-petisi-online-tolak-kpi-awasi-netflix-dan-youtube-sambangi-kantor-kpi-di-jakarta-JinrJHf8FJ.jpg (Foto: Pernita Hestin Untari/Okezone)

JAKARTA - Penggagas petisi #KPIJanganUrusinNetflix, Dara Nasution dan koalisi masyarakat sipil mengunjungi kantor Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) di Jakarta Pusat pada hari ini, Rabu (14/8/2019). Mereka menolak rencana KPI soal pengawasan YouTube, Netflix, dan Facebook.

"Sebagai tindak lanjut dari petisi yang sudah ditandatangani 75.000 ribu orang. Hari ini kita akan mendatangi KPI untuk menyerahkan petisi tersebut dan menyampaikan aspirasi teman-teman," kata Dara di depan KPI, Jakarta Pusat, Rabu (14/8/2019).

Adapun poin petisi tersebut berfokus pada KPI yang tidak berwenang untuk mengawasi media baru, seperti YouTube, Netflix, dan Facebook.

 Dara Nasution dan koalisi masyarakat sipil mengunjungi kantor Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) di Jakarta Pusat pada hari ini.

Baca juga: Ketimbang Urus Media Digital, KPI Sebaiknya Perbaiki Kinerja Penyiaran

"Sesuai dengan UU penyiaran No 32 Tahun 2002 KPI hanya berwenang untuk mengawasi media konvensional (televisi). Kedua KPI bukan lembaga sensor, artinya dia tidak berwenang mengawasi konten-konten dan menentukan mana yang bisa tayang mana yang tidak. Ketiga, Netflix adalah layanan berbayar artinya masyarakat berhak menentukan pilihan sendiri, KPI sebagai lembaga negara seharusnya tidak boleh banyak ikut campur dengan pilihan personal warganya," kata Dara.

Lebih lanjut Dara juga mengatakan jika layanan semacam Netflix laris karena masyarakat saat ini tidak menemukan tontonan berkualitas di televisi konvensional.

"Selama ini televisi diisi dengan acara yang sensational dan banyak mengeksploitasi kemiskinan dan penderitaan orang," kata Dara.

 Dara Nasution dan koalisi masyarakat sipil mengunjungi kantor Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) di Jakarta Pusat pada hari ini.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini