Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Xiaomi, Oppo, dan Vivo Kerjasama Bikin Layanan Transfer File Mirip AirDrop

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Senin 19 Agustus 2019 16:43 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 08 19 207 2093892 xiaomi-oppo-dan-vivo-kerjasama-bikin-layanan-transfer-file-mirip-airdrop-omX0XEFSYK.jpg (Foto: Theverge)

JAKARTA - Tiga raksasa produsen ponsel asal China berkolaborasi pada teknologi transfer file wireless yang bekerja pada ponsel mereka. Xiaomi MIUI, Oppo ColorOS, dan Vivo FuntouchOS yang berbasiskan Android akan mengintegrasikan sistem peer-to-peer.

Dilansir Theverge, Senin (19/8/2019), protokol ini akan menggunakan Bluetooth untuk memasangkan perangkat dan harus mampu mentransfer kecepatan hingga 20MB per detik. Teknologi ini tampaknya menggunakan Wi-Fi di backend, seperti sistem AirDrop milik Apple.

Kabarnya, produsen smartphone lain dapat mendaftar untuk bergabung dengan trio sekutu saat ini. Versi beta dari layanan ini harus dirilis pada akhir bulan ini.

 Xiaomi, Oppo, dan Vivo Kerjasama Bikin Layanan Transfer File Mirip AirDrop

Baca juga: Fitur Terbaru Album dan Stiker Bakal Hadir di WhatsApp Web

Google telah berusaha meluncurkan layanan gaya AirDrop untuk Android di masa lalu, dengan berbagai keberhasilan. Pada Android 4.0 2011, termasuk Android Beam, yang mengandalkan NFC untuk pemasangan perangkat dan dihapus di Android Q mendatang.

Aplikasi Files by Google (awalnya Files Go) yang lebih baru menawarkan transfer file dengan pemasangan Bluetooth, sementara Android Q sendiri akan mengintegrasikan fungsionalitas “Fast Share” yang serupa.

Fast Share dilaporkan merupakan fitur Google Play Services, yang mungkin menjelaskan mengapa Xiaomi, Oppo, dan Vivo bekerja bersama untuk meluncurkan versi mereka sendiri.

Baca juga: Bocoran Nokia 7.2 Ungkap Ponsel dengan Dua Varian Warna

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini