Menkominfo: Palapa Ring Timur Sudah Selesai Konstruksi

Selasa 20 Agustus 2019 06:01 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 08 19 54 2093998 menkominfo-palapa-ring-timur-sudah-selesai-konstruksi-RBvDfAhm9L.jpg Ilustrasi Fiber Optic

JAKARTA - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara mengungkapkan bahwa konstruksi jaringan tulang punggung (backbone) Palapa Ring paket Timur sudah rampung.

"Palapa Ring Timur sudah selesai konstruksi, sekarang menunggu stabilisasi dan integrasi ke Palapa Ring Barat dan Tengah," kata Rudiantara saat acara Ignite The Nation di Istora Senayan, Minggu, sepert dikutip dari Antaranews.

Menurutnya, stabilisasi memakan waktu sekira 28 hari. Diperkirakan pada minggu ketiga September, Palapa Ring Timur bisa selesai 100 persen.

Palapa Ring Timur meleset dari jadwal semula karena kesulitan akses ke lokasi pembangunan. Dari 52 menara yang dibangun di wilayah cakupan Palapa Ring Timur, sekira 28 menara berlokasi di area yang belum ada jalan.

Proyek bernilai investasi sekira Rp5,13 triliun berupa pembangunan kabel serat optik di seluruh Indonesia ini menjangkau 440 kabupaten/kota. Total panjang kabel dalam proyek Palapa Ring sekira 13.000 kilometer di darat dan laut.

 Menkominfo Rudiantara mengungkapkan bahwa konstruksi jaringan tulang punggung (backbone) Palapa Ring paket Timur sudah rampung.

Baca juga: Intip Daftar Ponsel Gaming Termurah Harga di Bawah Rp3 Juta

Rencana besar Palapa Ring berupa infrastruktur mengitari pulau Sumatera, Jawa, Kalimantan, Nusa Tenggara, Sulawesi, Maluku dan Papua, juga delapan jaringan penghubung dan satu cincin besar yang mengitari Indonesia di darat dan laut.

Kominfo dan BAKTI membagi sebaran infrastruktur Palapa Ring dalam tiga bagian berdasarkan letak geografis. Paket Barat, yang telah selesai pada Maret 2018, menjangkau wilayah Riau, Kepulauan Riau hingga Pulau Natuna dengan jaringan laut sepanjang 1.730 kilometer dan darat 545 kilometer.

Paket Tengah untuk Kalimantan, Sulawesi dan Maluku Utara, mencakup 1.706 kilometer jaringan laut dan 1.289 jaringan darat. Paket Timur dirancang untuk NTT, Maluku, Papua Barat dan pedalaman Papua.

Proyek ini akan membentangkan kabel serat optik sepanjang 4.426 kilometer di laut dan 2.542 kilometer di darat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini