Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Soal Privasi Data, Google: Kami Selalu Hormati Data Pengguna

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Selasa 20 Agustus 2019 15:15 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 08 20 207 2094320 soal-privasi-data-google-kami-selalu-hormati-data-pengguna-jrtO3opdKM.jpg Google (Foto: @PawelCzerwinski Unsplash)

JAKARTA - Keamanan dan privasi di internet tampaknya menjadi topik yang hangat untuk dibicarakan. Hal tersebut lantaran banyaknya kasus yang terjadi. Misalnya seperti isu tentang aplikasi yang mampu mencuri data pengguna, jual beli NIK/KK, dan pengaruh jejak digital di internet.

Salah satu raksasa teknologi terbesar dan search engine terpopuler, Google melalui Head of Public Policy Google Indonesia, Putri Alam mengungkapkan jika pihaknya selalu menghormati data pengguna.

Google terus mengembangkan teknologi untuk menjaga privasi pengguna dan merupakan core aspek untuk mengembangkan setiap produk. 

Google Peduli Privasi Pengguna di Internet

"Prinsip pertama, kami memahami tidak ada satu solusi yang cocok untuk semua orang. Karena kebutuhan privasi orang itu berbeda-beda," kata Putri dalam acara Talk Show #JagaPrivasimu di Jakarta Pusat, Selasa (20/8/2019).

Dia juga mengatakan jika setiap akun Google memiliki kontrol data, sehingga pengguna bisa mengontrol privasi yang tepat untuk mereka.

"Mereka bisa mengaturnya di Google My Account," katanya.

Kedua, Google terus memperkuat teknologi internal untuk melindungi pengguna dari ancaman keamanan. Salah satunya, dengan Two-factor Authentication.

"Untuk melindungi pengguna dari phishing, Google memberikan fitur Safe Browsing dan enkripsi HTTPS," ujar Putri.

Baca Juga: Jaga Privasi, Pengguna Internet Dituntut Memiliki DQ Setelah IQ dan EQ

Google Kampanyekan #JagaPrivasimu dengan Lomba Komik

Dalam rangka mengampanyekan jaga privasi data, Google bersama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kominfo), serta beberapa lembaga lain menyelenggarakan inisiatif #JagaPrivasimu.

Inisiatif ini salah satunya yakni rangkaian kegiatan kompetisi komik. Kompetisi telah dimulai sejak 14 Juli 2019 dengan proses kurasi oleh tim Kreavi.

Dari 25 karya terbaik, dipilih 5 juara utama pada hari ini, Selasa (20/8/2019). 5 pemenang terpilih di antaranya yakni Aulia Azziawaty, Ayub S Albana, Nucky Artha, Febryan Prasetyo, dan Salma Syahidah. Adapun kelima karya tersebut berfokus pada informasi dan ajakan menjaga data privasi di internet.

Menariknya kelima pemenang nantinya juga akan terbang ke Singapura untuk belajar tentang privasi dengan tim Google Asia Tenggara pada awal September 2019.

Google Kampanyekan Jaga Privasimu

Putri mengatakan jika pemilihan tema privasi ini karena ingin mengedukasi masyarakat akan pentingnya menjaga keamanan dan privasi ketika berselancar di internet.

Putri juga mengungkapkan jika pihaknya juga memerlukan data untuk membuat produk miliknya berguna, namun tetap tidak semena-mena untuk menggunakan data.

"Keamanan dan privasi data itu menjadi aspek yang paling penting. Pada saat kami mendesain produk yang kami pentingkan satu itu pasti privasi pengguna. Bagaimana privasi pengguna dalam menggunakan produk ini," kata dia.

Baca Juga: Teleskop NASA Temukan Exoplanet Batu Seukuran Bumi

Baca Juga: 5G Bukan Sekadar untuk WhatsApp, Smartfren: Harus Lebih Spesifik

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini